Peran Fasilitator Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Nurul Husna Jember

Asmaul, Khusnah (2023) Peran Fasilitator Dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Nurul Husna Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ASMAUL KHUSNAH D20192008.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Asmaul Khusnah, 2023: Peran Fasilitator dalam Pemberdayaan Masyarakat
pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Nurul Husna Kabupaten
Jember
Kata Kunci: Peran Fasilitator, Pemberdayaan Masyarakat, Lembaga
Kesejahteraan Sosial Anak.
Fasilitator memiliki peran penting dalam menjalankan kegiatan
pemberdayaan. Dalam hal ini Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Husna
Jember membutuhkan adanya peran fasilitator di dalamnya. Sebagai wujud
implementasi dari adanya visi dan misi lembaga yaitu, unggul, mandiri, dan
berkemajuan, maka anak-anak yang telah menjadi mahasiswa dan tinggal di
dalam Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Husna Jember, dibina dan di
didik untuk bisa menjadi pendamping dan juga fasilitasi dalam program-program
yang ada di lembaga. Tim fasilitator yang ada di lembaga memiliki peran penting
dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program pemberdayaan yang
di laksanakan oleh Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Husna Jember.
Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana peran fasilitator dalam
pemberdayaan masyarakat pada Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul
Husna Jember. 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor
penghambat fasilitator dalam pemberdayaan masyaralat pada Lembaga
Kesejateraan Sosial Anak Nurul Husna Jember.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana peran
fasilitator dalam pemberdayaan masyarakat pada Lembaga Kesejahteraan Sosial
Anak Nurul Husna Jember dan 2) untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor
pendukung dan penghambat fasilitator dalam pemberdayaan masyarakat pada
Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Husna Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan model
analisis data Milles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan dua jenis triangulasi
yaitu, sumber dan teknik. Tahap penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap
pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian.
Penelitian ini memperoleh simpulan 1) tim fasilitator Lembaga
Kesejahteraan Sosial Anak Nurul husna Jember telah berperan dalam
pemberdayaan masyarakat, peran yang diberikan meliputi, peran edukasi, peran
desiminasi inovasi, peran fasilitasi, peran supervisi, peran evaluasi; 2) terdapat
faktor pendukung dan faktor penghambat fasilitator dalam pemberdayaan
masyarakat pada lembaga kesejahteraan sosial anak nurul husna jember. Faktor
pendukung meliputi, adanya kerja team yang baik, fasilitas sarana dan prasarana
yang mendukung, dan respon baik masyarakat. Sedangkan faktor penghambat
dalam kegiatan adalah kurangnya tenaga sumber daya manusia dan anggaran dana
yang terbatas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160701 Clinical Social Work Practice
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Asmaul Khusnah
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:36
Last Modified: 07 Jul 2023 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25593

Actions (login required)

View Item View Item