Penerapan Media Audio Compact Disk Untuk Pengembangan Keterampilan Membaca Pada Siswa Tunanetra Di Sdlb Negeri Badean Kabupaten Bondowoso

Yasinta Dewi, Iik Meydaniah (2023) Penerapan Media Audio Compact Disk Untuk Pengembangan Keterampilan Membaca Pada Siswa Tunanetra Di Sdlb Negeri Badean Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iik Meydaniah Yasinta Dewi_D20193058.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Media Audio Compact Disk, Tunanetra, Keterampilan Membaca
Media audio Compact Disk adalah salah satu media yang menyajikan
suara atau audio untuk menunjang pembelajaran yang sesuai dengan siswa tuna�netra. Tunanetra adalah istilah yang digunakan untuk penyebutan anak yang mem�iliki hambatan penglihatan. Siswa tunanetra dalam kehidupan sehari-hari maupun
dalam lingkungan sekolah menggunakan indera peraba, pencium, pendengaran,
dan sisa indera penglihatannya. Sekolah luar biasa merupakan sekolah untuk anak
berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus adalah seorang anak yang mem�iliki perbedaan fisik maupun perkembangan dari anak-anak pada umumnya. Anak
berkebutuhan khusus diharapkan dapat belajar secara khusus sesuai dengan kebu�tuhannya. Siswa diharapkan agar mampu memahami dan mengerti tentang apa
yang dibaca atau dipelajari guna meningkatkan literasi siswa melalui keterampilan
membaca khususnya bagi siswa tunanetra.
Fokus masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana gam�baran penerapan media audio Compact Disk untuk pengembangan keterampilan
membaca pada siswa tunanetra kelas IV sampai V di SDLB Negeri Badean Kabu�paten Bondowoso ? 2) Bagaimana upaya guru dalam melatih keterampilan mem�baca melalui penerapan media audio Compact Disk pada siswa tunanetra di SDLB
Negeri Badean Kabupaten Bondowoso ?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1)
Untuk mengetahui penerapan media audio Compact Disk untuk pengembangan
keterampilan membaca siswa tunanetra kelas IV sampai VI, 2) Untuk
menjelaskan upaya guru dalam melatih keterampilan membaca dongeng siswa
tunanetra kelas IV sampai VI melalui media audio Compact Disk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumenta�si. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Ke�absahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan adalah: 1) Proses penerapan
media audio Compact Disk untuk pengembangan keterampilan membaca pada
siswa tunanetra melalui beberapa tahap, pada tahap awal yaitu mendengarkan,
kemudian mereka memahami intonasi narator. Tahap kedua menyimak yaitu guru
pendamping mendikte siswa tunanetra dengan menirukan intonasi tetapi secara
lambat. Tahap ketiga siswa tunanetra membaca tulisannya sendiri dengan
menirukan intonasi dan harus memahami apa yang sedang dibaca. 2) Upaya guru
dalam pengembangan keterampilan membaca siswa tunanetra SDLB Negeri
Badean melalui dua pendekatan yaitu melalui dukungan sosial berupa konseling
sederhana, memberikan motivasi dan apresiasi kegiatan literasi. Upaya evaluasi
akademik dapat meninjau perkembangan nilai rapor siswa di beberapa mata
pelajaran yang terintegrasi dengan pembelajaran literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: ms Iik Meydaniah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:29
Last Modified: 10 Jul 2023 06:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25784

Actions (login required)

View Item View Item