Majid, Nur Kholis (2023) Implementasi Metode Tartila dalam Pembinaan Membaca Al-Qur'an di TPQ Asy-Syuja'iyah Dusun Krajan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI NUR KHOLIS MAJID SIDANG 4 Juli 2023 fiks 11-2.pdf Download (2MB) |
Abstract
Metode pengajaran yang diterapkan dalam Lembaga Pendidikan AlQur’an disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan peserta didik dalam
masing-masing lembaga pendidikan. Salah satu metode pengajaran baca tulis AlQur’an yang dapat digunakan yakni metode tartila. Metode Tartila yaitu sebuah
metode pembelajaran Al-Qur’an dengan carapendekatan fungsi huruf atau bunyi
huruf dengan pembelajaran membaca huruf arab langsung bersyakal atau
berbaris.
Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
metode tartila dalam pembinaan membaca Al-Qur’an di TPQ As - Syujaiyyah
Dusun Krajan Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran
2022/2023. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode tartila dalam
pembinaan membaca Al-Qur’an di TPQ As - Syujaiyyah Dusun Krajan
Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. 3)Untuk
mendeskripsikan evaluasi pembelajaran metode tartila dalam pembinaan
membaca Al-Qur’an di TPQ As - Syujaiyyah Dusun Krajan Kecamatan Maron
Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari
Pengumpulan Data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan dua macam teknik yakni: 1)
Triangulasi Teknik, dan 2) Triangulasi Sumber.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Perencanaan metode tartila dalam
pembinaan membaca Al-Qur’an pada santri di TPQ As Syujaiyyah Dusun Krajan
Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo meliputi beberapa tahap diantaranya
yaitu menyepakati jadwal pembelajaran bersama-sama, mempersiapakan kualitas
pengajar dan menyediakan bahan ajar atau buku jilid. 2) Pelaksanaan metode
tartila pada santri di TPQ As Syujaiyyah sudah sesuai dengan peraturan metode
tartila, namun ada beberapa kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan santri.
Untuk pelaksanaan metode tartila pada santri tidak menggunakan metode klasikal
membaca alat peraga pada santri jilid 6 dan Al-Qur’an namun pada santri jilid 1
menggunakan metode klasikal membaca alat peraga. Namun dalam
pelaksanaannya tetap menggunakan metode individual. 3) Evaluasi metode
tartila dalam pembelajaran Al-Qur’an pada santri di TPQ As Syujaiyyah
dilaksanakan melalui beberapa evaluasi diantaranya yaitu evaluasi harian atau
evaluasi halaman dan evaluasi lembaga atau kenaikan jilid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Kholis Majid |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25853 |
Actions (login required)
View Item |