Sa'diyah, Mahlia Ma'rifatus (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LAPISAN BUMI DAN BENCANA SISWA KELAS VIISMPN 1 RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ Jember.
Text
MAHLIA MA'RIFATUS SA'DIYAH_T201910043.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK
Mahlia Ma’rifatus Sa’diyah, 2023 : Pengaruh Model pembelajaran role playing Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Materi Lapisan Bumi dan Bencana pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Rambipuji Kabupaten Jember
Kata Kunci: Model pembelajaran role playing, gambar, hasil belajar
Pendidikan merupakan salah satu unsur penting dalam pembangunan bangsa dan negara. Pendidikan yang berkualitas baik, dapat mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Dalam pendidikan, guru mempunyai peran yang sangat penting. Guru memiliki tanggung jawab dalam mencerdaskan bangsa melalui anak-anak didiknya. Namun, kurangnya inovasi dan kreativitas dalam belajar mengajar menyebabkan beberapa siswa kurang memahami apa yang sampaikan oleh guru. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti mengambil langkah dalam melakukan penelitian terhadap model pembelajaran role playing berbantuan media gambar di SMPN 1 Rambipuji Kabupaten Jember
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media gambar pada materi lapisan bumi dan bencana kelas VII SMPN 1 Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media gambar terhadap hasil belajar materi lapisan bumi dan bencana pada siswa kelas VII SMPN 1 Rambipuji Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media gambar pada materi lapisan bumi dan bencana kelas VII SMPN 1 Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media gambar terhadap hasil belajar materi lapisan bumi dan bencana pada siswa kelas VII SMPN 1 Rambipuji Kabupaten Jember?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experimental design) dan desain penelitian nonequivalent group pretest and posttest design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 64 siswa dengan masing-masing siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 siswa.
Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan model pembelajaran role playing berbantuan media gambar dilakukan pada kelas eksperimen dilakukan dengan tahapan a) Menyusun skenario b) membagi peran c) menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai d) memaikan role playing dengan berbantuan media gambar e) melakukan pengamatan f) melakukan diskusi dan evaluasi g) mengambil kesimpulan. 2) Pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai diperoleh melalui uji U Mann Whitney dengan Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, serta adanya perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 83,88 dan kelas kontrol 71,56
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020107 Mesospheric, Ionospheric and Magnetospheric Physics |
Depositing User: | Mahlia Ma'rifatus Sa'diyah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25868 |
Actions (login required)
View Item |