Nur, Islamah (2023) BELAJAR BERSAMA ALAM: STUDI PEMBELAJARAN SEKOLAH ALAM DI SMP ALAM INSAN CENDEKIA BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
NUR ISLAMAH_T20161136.pdf Download (6MB) |
Abstract
Belajar bersama alam merupakan konsep sekolah alam yang menjadikan
alam sebagai sumber belajar, media belajar, alat dan kemudian dieksplorasi secara
mendalam melalui kurikulum khas sekolah dan pembelajaran di sekolah alam Dan
penelitian ini memfokuskan kepada tujuan pembelajaran setiap pilar, kegiatan
atau metode yang dapat diterapkan serta evaluasi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran
akhlak di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso? 2) Bagaimana pembelajaran
logika berpikir di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso? 3) Bagaimana
pembelajaran kepemimpinan di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso? 4)
Bagaimana pembelajaran kewirausahaan di SMP Alam Insan Cendekia
Bondowoso?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pembelajaran
akhlak di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan
pembelajaran logika berpikir di SMP Alam Insan Cendekia Bondowoso. 3) Untuk
mendeskripsikan pembelajaran kepemimpinan di SMP Alam Insan Cendekia
Bondowoso. 4) Untuk mendeskripsikan pembelajaran kewirausahaan di SMP
Alam Insan Cendekia Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis
penelitian studi kasus. Adapun pengumpulan datanya menggunakan teknik
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek penelitiannya
menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan teknik Miles and
Huberman, yakni, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran akhlak di SMP Alam Insan
Cendekia Bondowoso memberikan suritauladan yang bertujuan untuk membentuk
karakter baik peserta didik. Pembelajaran tersebut meliputi shalat dhuha, shalat
dhuhur berjama’ah, tadarus al-Qur’an, tahsin al-Qur’an, tahfidzul Qur’an. evaluasi
akhlak peserta didik ada buku penghubung antara guru dan orang tua dan Raport
Deskripsi dan Raport Portofolio. 2) Pembelajaran logika bepikir di SMP Alam
Insan Cendekia Bondowoso bertujuan untuk mengasah kemampuan berfikir
peserta didik melalui action learning, eksplorasi, outing, dan learning from
maestro. evaluasi logika berpikir yaitu Raport Dinas, Raport Deskripsi, dan
Raport Portofolio. 3) Pembelajaran Kepemimpinan di SMP Alam Insan Cendekia
Bondowoso bertujuan untuk mengasah dan membentuk jiwa kepemimpinan
peserta didik melalui berkuda, memanah, berenang, outbond, dan camping.
Evalulasi dari pembelajaran kepemimpinan raport portofolio.4) Pembelajaran
kewirausahaan di SMP Alam Insan Cendekia Bondwoso bertujuan untuk
mengasah kemampuan peserta didik dalam berbisnis dan belajar berusaha untuk
mencari rizki yang halal dan baik yang sesuai dengan kaidah agama Islam.
Adapun pembelajaran kewirausahaan melalui market day dan magang. Evaluasi
pembelajaran kewirausahan ada raport khusus yaitu raport portofolio.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Depositing User: | Mrs Nur Islamah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:02 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25888 |
Actions (login required)
View Item |