Kontribusi Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) dalam Bidang Pendidikan pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Jember

Nur Afifatul, Kamila (2023) Kontribusi Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) dalam Bidang Pendidikan pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Afifatul Kamila _E2019035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Afifatul Kamila, Roni Subhan, 2023: Kontribusi Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) dalam Bidang Pendidikan pada Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Jember.

Yatim Mandiri merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional yang bertugas dalam menghimpun dan mengelola dana Zakat, Infaq atau Sedekah, dan Wakaf (ZISWAF), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga umat Islam dan menyalurkannya secara lebih profesional dengan menitik beratkan program untuk kemandirian anak yatim dan dhuafa sebagai penyaluran program unggulan, berupa program beasiswa pendidikan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini, yakni: 1. Bagaimana kontribusi zakat, infaq, dan sedekah dalam bidang pendidikan pada LAZNAS Yatim Mandiri Jember?, 2. Bagaimana kendala LAZNAS Yatim Mandiri Jember dalam kontribusi zakat, infaq, dan sedekah untuk bidang pendidikan?, 3. Bagaimana solusi dari kendala kontribusi zakat, infaq, dan sedekah dalam bidang pendidikan pada LAZNAS Yatim Mandiri Jember?. Tujuannya adalah: 1. Untuk mengetahui kontribusi zakat, infaq, dan sedekah dalam bidang pendidikan pada LAZNAS Yatim Mandiri Jember, 2. Untuk mengetahui kendala LAZNAS Jember dalam kontribusi zakat, infaq, dan sedekah untuk bidang pendidikan, 3. Untuk mengetahui solusi dari kendala kontribusi zakat, infaq, dan sedekah dalam bidang pendidikan pada LAZNAS Yatim Mandiri Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Selain itu untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Kesimpulan: 1. Pemberdayaan zakat untuk pendidikan di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Yatim Mandiri Jember, itu termasuk dalam zakat konsumtif kreatif. Karena, sistem penyalurannya itu berupa beberapa program pendidikan yang di dalamnya ada beasiswa dan juga berupa alat tulis. Sehingga dengan adanya bantuan beasiswa ini, diharapkan dapat memunculkan anak yatim dan dhuafa yang berprestasi sehingga dapat memperbaiki taraf kehidupan anak-anak yatim dan dhuafa. 2. Kendala dari kontribusi zakat, infaq, dan sedekah dalam bidang pendidikan pada Yatim Mandiri Jember itu ada empat, yakni kurangnya informasi calon-calon penerima manfaat, kurangnya minat dari calon penerima manfaat, orang tua dari calon penerima manfaat juga mengharapkan bantuan dan juga anak-anak yang ada di Asrama Yatim yang susah diatur. 3. Solusi dari kendala kontribusi zakat, infaq, dan sedekah dalam bidang pendidikan pada Yatim Mandiri Jember, yaitu bekerjasama dengan sekolah-sekolah, memberikan pemahaman tentang program pendidikan, dan memberikan sistem point di Asrama Yatim.

Kata Kunci: Kontribusi, Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS), Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080608 Information Systems Development Methodologies
Depositing User: Afifa Ifa Ifa
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:13
Last Modified: 10 Jul 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25912

Actions (login required)

View Item View Item