Al Magh Firoh, Ufi (2023) Pengembangan Alat Peraga 3D Pada Materi Rotasi dan Revolusi Bumi Kelas VI MI Salafiyah Syafi'iyah Pancakarya Ajung Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI UFI AL MAGHFIROH SCAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pengembangan alat peraga 3d merupakan proses menciptakan atau
mengembangkan suatu alat peraga yang dapat dilihat dari segala arah yang
mempunyai bentuk seperti benda aslinya yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran dengan memberikan stimulus kepada peserta didik terhadap
pembelajaran. Penelitian pengembangan Alat Peraga 3D ini dilakukan untuk
mengembangkan suatu alat peraga agar dapat digunakan pada pembelajaran
tematik muatan IPA. Pada penelitian ini peneliti memilih materi Rotasi dan
Revolusi Bumi di kelas VI MI Salafiyah Syafi‟iyah Pancakarya. Alat Peraga 3D
dapat digunakan sebagai alat peraga 3D untuk memperdalam pengetahuan peserta
didik tentang rotasi dan revolusi bumi.
Penelitian pengembangan Alat Peraga 3D ini bertujuan untuk 1)
Mengetahui kelayakan Alat Peraga 3D pada materi rotasi dan revolusi bumi kelas
VI MI Salafiyah Syafi‟iyah Pancakarya. 2) Mengetahui keefektifan Alat Peraga
3D pada materi rotasi dan revolusi bumi kelas VI MI Salafiyah Syafi‟iyah
Pancakarya.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis,
desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek pada penelitian ini
adalah peserta didik kelas VI MI Salafiyah Syafi‟iyah Pancakarya yang berjumlah
27 peserta didik. Produk akhir dari pengembangan ini adalah Alat Peraga 3D.
Pengembangan Alat Peraga 3D ini divalidasi oleh 3 validator yaitu validasi ahli
media, validasi ahli materi, dan validasi ahli pembelajaran.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa tingkat validasi Alat Peraga 3D
dengan rata-rata prosentasi sebesar 91% yang artinya Alat Peraga 3D
dikategorikan sangat valid. Data keefektifan diperoleh dari hasil belajar peserta
didik menggunakan pretest, posttest dan angket respon peserta didik. data yang
diperoleh sebelum diberikan perlakuan, rata-rata nilai pretest hasil belajar pada
kelas VI adalah 55. Sedangkan setelah diberikan perlakuan, rata-rata nilai posttest
hasil belajar adalah 88,1. Hal ini menunukkan bahwa Alat Peraga 3D dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI. Sedangkan analisis respon
peserta didik diukur dengan menggunakan angket respon peserta didik terhadap
Alat Peraga 3D. Hasil rata-rata respon peserta didik menunjukkan bahwa Alat
Peraga 3D mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan
prosentase rata-rata 92%. Hasil peningkatan belajar peserta didik menggunakan
Alat Peraga 3D diketahui dan diperoleh menggunakan penghitungan N-Gain
Score dengan menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 72% dan
dikategorikan cukup efektif.
Kata kunci : Pengembangan Alat Peraga 3D, Materi Rotasi dan Revolusi Bumi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | S.Pd Ufi Al Magh Firoh |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 07:48 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 07:48 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25957 |
Actions (login required)
View Item |