Ihda Rahma, Alfina (2023) Pengaruh Media Pembelejaran Short Video Aplikasi Tiktok Pada Materi Perubahan Lingkungan Terhadap Literasi Digital Siswa Kelas X MIPA di SMA Islam Almaarif Singosari Malang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS NEGERI ISLAM KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Alfina Ihda Rahma Skripsi Revisi Setelah Sidangwatermax.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci : Short video aplikasi tiktok, literasi digital.
Di era sekarang media digital sedang berkembang pesat, beberapa kegiatan
salah satunya dunia pendidikan memiliki trobosan baru dalam pengggunaan media
pembelajaran. Karena dunia teknologi sudah berkembang, maka dari itu, media
digital juga dapat dijadikan salah satu media pembelajaran untuk proses belajar
mengajar, termasuk dalam pembelajaran biologi mengenai perubahan lingkungan,
untuk dapat meningkatkan literasi digital peserta didik. Berdasarkan latar
belakang tersebut maka diperlukan penelitian untuk mengungkapkan pengaruh
media pembelajaran short video aplikasi tiktok pada materi perubahan lingkungan
terhadap literasi digital siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana literasi digital
siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan
media pembelajaran short video aplikasi tiktok pada materi perubahan lingkungan
kelas X MIPA di SMA Islam Almaarif Singosari Malang Tahun Pelajaran
2022/2023?, (2) Apakah ada pengaruh media pembelajaran short video aplikasi
tiktok pada materi perubahan lingkungan terhadap literasi digital siswa kelas X
MIPA di SMA Islam Almaarif Singosari Malang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan literasi digital siswa kelas
kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan media
pembelajaran short video aplikasi tiktok pada materi perubahan lingkungan kelas
X MIPA di SMA Islam Almaarif Singosari Malang Tahun Pelajaran 2022/2023.
(2) Mengetahui pengaruh media pembelajaran short video aplikasi tiktok pada
materi perubahan lingkungan terhadap literasi digital siswa kelas X MIPA di
SMA Islam Almaarif Singosari Malang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian eksperimen. Desain penelitian quasi eksperimental design dengan
bentuk penelitian nonequivalent group posttest only design. Instrumen
pengumpulan data berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Populasi pada
penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Islam Almaarif Singosari Malang
Tahun pelajaran 2022/2023, dengan sampel X MIPA 1 dan X MIPA 3. Analisis
data menggunakan uji Z untuk mengetahui hipotesis penelitian.
Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Literasi digital siswa kelas
kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan media
pembelajaran short video aplikasi tiktok pada materi perubahan lingkungan
diterapkan dengan baik, sehingga tingkat kemampuan literasi digital siswa pada
kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang dibuktikan
dengan hasil rata-rata dari data posttest (2) Terdapat pengaruh yang signifikan
media pembelajaran short video aplikasi tiktok pada materi perubahan lingkungan
terhadap literasi digital siswa kelas X MIPA di SMA Islam Almaarif Singosari
Malang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan nilai signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Depositing User: | Alfina Ihda Rahma |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:20 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25974 |
Actions (login required)
View Item |