Implementasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Ledokombo

Maymona, May (2023) Implementasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Ledokombo. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
My watermax.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maymonah, Siti Dawiyah Farichah, 2023: Implementasi Pendidikan Karakter
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII Madrasah
Tsanawiyah Raudlatul Ulum Ledokombo
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Pendidikan karakter adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan
hasil pendidikan yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan
akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang. Pembelajaran
akidah akhlak adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan siswa untuk
mengenal, memahami, menghayati, dan mengimani Allah dan merealisasikannya
dalam perilaku akhlak mulia dalam kehidupan. MTs Raudlatul Ulum Ledokombo
mampu mengimplementasikan pendidikan karakter secara efektif pada peserta
didiknya, hal ini dapat dilihat secara kasatmata maupun melalui proses asesment
yang detail tentang hasil belajar siswa MTs Raudlatul Ulum Ledokombo
Fokus dalam penelitian yaitu: Bagaimana implementasi, upaya guru dan
faktor pendukung dan penghambat mengimplementasikan pendidikan karakter
bagi siswa kelas VIII di MTs Raudlatul Ulum Ledokombo?. Tujuan penelitian ini
adalah Untuk mendeskripsikan implementasi, upaya guru dan faktor pendukung
dan penghambat mengimplementasikan pendidikan karakter bagi siswa kelas VIII
di MTs Raudlatul Ulum Ledokombo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian lapangan (field research). Sedangkan teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan yakni analisis data menggunakan model analisis data
interaktif. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian yaitu: 1) Implementasi pendidikan karakter bagi siswa kelas
VIII di MTs Raudlatul Ulum Ledokombo yaitu tujuan yang ingin dicapai, bahan
pelajarn, menciptakan kreasi pembelajaran dan tujuannya secara efektif dan
edfisien. 2) Upaya guru yang dilakukan penyampaian materi dengan metode dan
demosntrasi, strategi pembelajaran menarik, serta media pendukung dan sumber
pembelajaran yang bersariasi. 3) Faktor pendukung sarana prasarana mushola
sebagai pengembangan diri siswa dan guru menyediakan bahan yang mudah
dipelajari, penghambatnya kurangnya jam mata pelajaran, minimnya alat peraga
serta kondisi individu pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maymona Maymona
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:11
Last Modified: 11 Jul 2023 04:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26105

Actions (login required)

View Item View Item