Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII B Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023

Hasan, Zainul (2023) Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII B Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ZAINUL HASAN T20191223 PAI A5.pdf

Download (6MB)

Abstract

Zainul Hasan, 2023: “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Pada Mata Pelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII B di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Fiqih, Minat Belajar.

Pembelajaran yang kurang menyenangkan dapat mengakibatkan rasa bosan pada siswa sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal tersebut terjadi pada beberapa siswa kelas VII B di MTs Negeri 1 Situbondo dimana siswa dalam pembelajaran Fiqih tidak mendengarkan bahkan mengantuk saat guru sedang menjelaskan. Minat belajar sangat penting dalam suatu proses pembelajaran. Dengan adanya minat belajar, maka akan mendorong semangat dalam diri siswa yang menjadikan siswa akan merasa senang dan tertarik terhadap pembelajaran terutama pada mata pelajaran Fiqih. Untuk itu,
perlu adanya inovasi oleh guru untuk meningkatkan minat siswa salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti media wordwall, dimana media ini menjadikan pembelajaran lebih menarik sehingga tujuan
pembelajaran dapat tercapai.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Apakah penerapan media pembelajaran berbasis wordwall pada mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII B di MTs Negeri 1 Situbondo? 2) Bagaimana respon siswa kelas VII B di MTs Negeri 1 Situbondo terhadap penerapan media pembelajaran berbasis wordwall pada mata pelajaran Fiqih?. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran wordwall sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperiment dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Angket, dan 4) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan member check.

Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya 1) Hasil observasi minat siswa pada tahap pra siklus diperoleh nilai 49, siklus I diperoleh nilai 64,33, dan siklus II diperoleh nilai 87. Nilai tersebut mengalami peningkatan dan telah mencapai
indikator yang ditentukan. Dari hal tersebut menunjukkan bahwasanya penggunaan media wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa. 2) Pengisian angket terkait respon siswa terhadap penerapan media wordwall yang menunjukkan bahwasanya rata-rata siswa lebih tertarik penggunaan media
wordwall dalam pembelajaran Fiqih dan angket ini menjadikan bukti bahwasanya media wordwall berhasil untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII B di MTs Negeri 1 Situbondo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Zainul Hasan
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:52
Last Modified: 11 Jul 2023 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item View Item