Pengembangan modul matematika terintegrasi nilai-nilai islami konteks al-qur’an pada materi himpunan kelas VII di SMP 21 NUSA (Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin) Jember

Munir, Mochammad Misbahul (2023) Pengembangan modul matematika terintegrasi nilai-nilai islami konteks al-qur’an pada materi himpunan kelas VII di SMP 21 NUSA (Nahdlatul Ulama Syamsul Arifin) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mochammad Misbahul Munir _ T20167031.pdf

Download (10MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan media untuk mencapai tujuan pengajaran, salah satu jenis bahan ajar adalah modul. Modul merupakan bahan ajar yang diterapkan guru dalam menyampaikan informasi dengan bentuk yang lebih praktis, menarik dan utamanya dapat mempermudah siswa dalam menerima informasi, khususnya pada mata pelajaran matematika. Salah satu materi matematika yang sulit dipahami siswa adalah himpunan karena menggunakan banyak notasi dan simbol. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, maka peneliti mengembangkan modul matematika terintegrasi nilai-nilai Islami konteks Al-Qur’an yang sesuai dengan kebutuhan sekolah di SMP 21 NUSA Jember.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan modul pembelajaran matematika terintegrasi nilai nilai Islami konteks Al-Qur’an pada materi himpunan kelas VII di SMP 21 NUSA Jember? 2) Bagaimana kevalidan hasil pengembangan modul pembelajaran matematika terintegrasi nilai nilai Islami konteks Al-Qur’an pada materi himpunan kelas VII di SMP 21 NUSA Jember?

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai Islami konteks Al-Qur’an pada materi himpunan kelas VII di SMP 21 NUSA Jember. 2) untuk mendeskripsikan hasil validasi pengembangan modul pembelajaran matematika terintegrasi nilai-nilai Islami konteks Al-Qur’an pada materi himpunan kelas VII di SMP 21 NUSA Jember

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahapan ADD yaitu (1) Analysis, (2) Design, dan (3) Development. Untuk mengetahui kelayakan penelitian ini menggunakan uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli konten matematika, ahli pendidikan matematika, ahli konten Islam dan Al-Qur’an, serta ahli desain. Hasil uji validitas dari keempat validator menghasilkan rata-rata total dalam kategori baik, dengan nilai rata-rata mencapai 84,77%. Dengan demikian modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid.

Kata kunci: modul matematika;integrasi nilai-nilai Islami konteks Al-Qur’an;himpunan matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modul matematika;integrasi nilai-nilai Islami konteks Al-Qur’an;himpunan matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Misbahul Munir
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:39
Last Modified: 11 Jul 2023 01:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26198

Actions (login required)

View Item View Item