Rioga Fransistyawan, Rioga (2023) Penerapan Nilai Nilai Akhlak Tasamuh Dalam Membangun Ukhuwah Wathaniyah di Sekolah Dasar Katolik St Yusuf Desa Sukoreno Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
RIOGA FRANSISTYAWAN_T20191053.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kata Kunci : Nilai-Nilai, Akhlak Tasamuh, Ukhuwah Wathaniyah
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskribsikan penerapan nilai-nilai akhlak tasamuh dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf Desa Sukoreno, Jember. Penerapan akhlak tasamuh sudah diterapkan sejak lama dari guru maupun siswa yang memiliki latar belakanag yang berbeda terutama dalam agama dan proses pembelajarannya. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai akhlak tolong-menolong dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf, Dusun Krajan Kidul, Desa Sukoreno, Umbulsari, Jember? 2) Bagaimana penerapan nilai-nilai akhlak saling menghormati dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf, Dusun Krajan Kidul, Desa Sukoreno, Umbulsari, Jember? 3) Bagaimana penerapan nilai-nilai akhlak saling menghargai dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf, Dusun Krajan Kidul, Desa Sukoreno, Umbulsari, Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak tolong-menolong dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf, Dusun Krajan Kidul, Desa Sukoreno, Umbulsari, Jember. 2) Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak saling menghormati dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf, Dusun Krajan Kidul, Desa Sukoreno, Umbulsari, Jember. 3) Mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak saling menghargai dalam membangun ukhuwah wathaniyah di SDK St. Yusuf, Dusun Krajan Kidul, Desa Sukoreno, Umbulsari, Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik penentuan subyek penelitian dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan da dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa 1) Penerapan nilai-nilai tolong menolong di sekolah yakni pada proses pembelajaran yang mana guru memberikan contoh kecil untuk ditiru, kegiatan sosial bagi-bagi takjil yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi, dan perayaan maulid Nabi Muhammad saw. 2) Penerapan nilai-nilai saling menghormati juga pada proses pembelajaran yakni memberikan tauladan dan kisah-kisah inspiratif pada siswa. Antar agama, memiliki kegiatan yakni Pondok Ramadhan sekaligus dengan kajian keagamaan. Antar guru dan siswa, juga dilakukan dengan anjangsana dan saling maaf di bulan Syawal. 3) Penerapan nilai-nilai saling menghargai juga diterapkan pada materi yang terdapat dalam buku tematik, dan juga sekolah memberikan kesempatan sekaligus keutamaan untuk beribadah sesuai agama masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Rioga Fransistyawan |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:19 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26228 |
Actions (login required)
View Item |