Ulabanati, Rifatul Adibah (2023) Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah pada Pembelajaran akidah akhlak di MA Al-Qodiri Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Rifatul Adibah U. T20191216.pdf Download (8MB) |
Abstract
Rifatul Adibah Ulabanati, 2023: Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah
Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di MA Al-Qodiri Jember
Kata Kunci :Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah Pada Pembelajaran
Akidah Akhlak Di MA Al-Qodiri Jember
MA Al-Qodiri merupakan salah satu Lembaga yang menerapkan
integrasi kurikulum pesantren dan madrasah yang bertujuan untuk memperluas
wawasan siswa. Dengan adanya penggabungan antara pelajaran umum dengan
pelajaran pondok pesantren maka, mata pelajaran lebih terperinci dan saling
melengkapi. Integrasi kurikulum diterapkan karena diharapkan mampu
memberikan kontribusi dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas dan
bermutu.
Berdasarkan konteks tersebut, fokus penelitian ini adalah, 1)
Bagaimana integrasi kurikulum pesantren dan madrasah pada pembelajaran
akidah akhlak di MA Al-Qodiri Jember ? 2) Apa kelebihan dan kekurangan
integrasi kurikulum pesantren dan madrasah pada pembelajaran akidah akhlak di
MA Al-Qodiri Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Mendeskripsikan integrasi
kurikulum pesantren dan madrasah pada pemelajaran akidah akhlak di MA AlQodiri Jember. 2) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan kurikulum
pesantren dan madrasah pada pembelajaran akidah akhlak di MA Al-Qodiri
Jember.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu model Miles,
Huberman yaitu menggunakan pengumpulan data: wawancara, observasi dan
dokumentasi.Langkah analisis yaitu : pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data : triangulasi sumber dan
triangulasi teknik
Berdasarkan focus penelitian integrasi kurikulum pesantren dan
madrasah pada pembelajaran akidah akhlak yaitu : 1).Integrasi Kurikulum
Pesantren dan Madrasah pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Qodiri
Jember dengan cara : a) perencanaan yaitu menggabungkan dan memasukkan
beberapa mata pelajaran keagamaan yang tidak ada dikurikulum pemerintah. b)
pelaksanaan yaitu dengan menambah jam pelajaran tambahan untuk mata
pelajaran keagamaan . c) evaluasi yaitu dengan memantau perkembangan dari
semua kegiatan hasil dari integrasi kurikulum agar tetap sesuai standar pedoman
pembelajaran. 2). Kelebihan dan Kekurangan Integrasi Kurikulum pesantren dan
madrasah: kelebihan integrasi kurikulum pesantren dan madrasah yaitu a)
memotivasi siswa untuk lebih giat belajar, b) memotivasi guru untuk
mengembangkan pembelajaran dan mengembangkan kreativitas guru.
Kekurangan integrasi kurikulum pesantren dan madrasah pada pembelajaran
akidah akhlak: a) beban jam pelajaran yang terlalu banyak, b) sarana dan prasaran
harus tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rifatul Adibah Ulabanati |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 03:24 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 03:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26287 |
Actions (login required)
View Item |