PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HAMID DESA SUBO KECAMATAN PAKUSARI JEMBER TAHUN AJARAN 2022-2023.

uinkhasjember, Widi Astutik Ningsih (2023) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-HAMID DESA SUBO KECAMATAN PAKUSARI JEMBER TAHUN AJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI WIDI ASTUTIK NINGSIH-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, salah satunya yaitu
kemampuan berhitung permulaan, tujuan utama dalam mengembangkan
kemampuan berhitung untuk anak pada hakikatnya adalah untuk menstimulasi
berfikir anak agar memiliki kesiapan dalam belajar berhitung pada tahap selanjutnya. Metode bernyanyi merupakan metode yang sangat disukai peserta
didik serta mampu membuat peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana perencanaan metode bernyanyi
untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B
TK Al-Hamid Desa Subo Kecamatan Pakusari Jember Tahun Ajaran 2022-2023?
2) Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan
berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Al-Hamid Desa Subo Kecamatan
Pakusari Jember Tahun Ajaran 2022-2023? 3) Bagaimana evaluasi metode
bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak
kelompok B TK Al-Hamid Desa Subo Kecamatan Pakusari Jember Tahun Ajaran
2022/2023?
Tujuan penelitian ini meliputi 1) Mendeskripsikan perencanaan metode
bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak
kelompok B TK Al-Hamid Desa Subo Kecamatan Pakusari Jember Tahun Ajaran
2022-2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode bernyanyi untuk
mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK
Al-Hamid Desa Subo Kecamatan Pakusari Jember Tahun Ajaran 20222-2023. 3)
Mendeskripsikan evaluasi metode bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan
berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Al-Hamid Desa Subo Kecamatan
Pakusari Jember Tahun Ajaran 2022-2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif Miles and Huberman,
yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan anatara
lain: 1). Perencanaan metode bernyanyi untuk mengembangkan kemampuan
berhitung permulaan pada anak kelompok B tercantum dalam RPPM dan RPPH,
metode bernyanyi ditentukan menyesuaikan tema pembelajaran serta
mencantumkan nyanyian atau lagu yang hendak dinyanyikan tentunya juga sesuai
dengan tema pembelajaran. Selain itu guru harus memahami tujuan yang hendak
dicapai dalam bernyanyi. 2). Pelaksanaan metode bernyanyi untuk
mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B
meliputi kegiatan awal kegiatan inti maupun kegiatan penutup. Guru
melaksanakan metode bernyanyi sesuai kondisi dan keinginan yang dianggap
kondusif seperti bernyanyi sambil duduk melingkar, dan berdiri melingkar sambil
menggerakkan tubuh, atau dilakukan sesuai keinginan peserta didik. 3). Evaluasi
untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B
melalui metode bernyanyi dilakukan dengan teknik observasi atau pengamatan
yang dilakukan oleh guru selama pembelajaran berlangsung dan tidak cukup
hanya observasi saja guru juga membuat tabel penilaian kemampuan berhitung
permulaan. Guru mengamati peserta didik ketika bernyanyi, keaktifan peserta
didik dalam bernyanyi serta ekspresi peserta didik terhadap isi nyanyian atau lagu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200323 Translation and Interpretation Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Widi Astutik Ningsih
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:04
Last Modified: 11 Jul 2023 06:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item