Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Permainan Warna dengan Media Benang pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Sucolor Maesan Bondowoso

Musyarrofah, Maftuhatul (2023) Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Permainan Warna dengan Media Benang pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Sucolor Maesan Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MAFTUHATUL MUSYARROFAH_T20185036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kreativitas pada anak merupakan kemampuan untuk membuat kombinasi￾kombinasi baru atau melihat hubungan-hubungan baru antar unsur, data atau hal￾hal yang sudah ada sebelumnya. Salah satu kegiatan dalam mengembangkan
kreativitas pada anak di kelompok B Raudhatul Adhfal Miftahul Ulum Sucolor
Maesan Bondowoso adalah melalui Permainan Warna dengan Media Benang.
Berdasarkan fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1)
Bagaimana Perencanaan dalam mengembangkan kreativitas anak melalui
permainan warna dengan media benang pada kelompok B di RA Miftahul Ulum
Sucolor Maesan Bondowoso?, 2) Bagaimana Pelaksanaan dalam mengembangkan
kreativitas anak melalui permainan warna dengan media benang pada kelompok B
di RA Miftahul Ulum Sucolor Maesan Bondowoso?, dan 3) Bagaimana Evaluasi
kegiatan permainan warna dengan media benang untuk mengembangkan
kreativitas anak pada kelompok B tahun di RA Miftahul Ulum Sucolor Maesan
Bondowoso? Fokus penelitian tersebut sekaligus menjawab tujuan penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan dalam
mengembangkan kreativitas anak melalui permainan warna dengan media benang
pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sucolor Maesan Bondowoso, 2) Untuk
mendeskripsikan Pelaksanaan dalam mengembangkan kreativitas anak melalui
permainan warna dengan media benang pada kelompok B di RA Miftahul Ulum
Sucolor Maesan Bondowoso, dan 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi kegiatan
permainan warna dengan media benang untuk mengembangkan kreativitas anak
pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sucolor Maesan Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis studi
kasus. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman meliputi
reduksi data, display data, dan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini disimpulkan 1) Perencanaan kegiatan permainan warna dengan
media benang pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sucolor Maesan
Bondowoso, sebelum di mulai pembelajaran guru sudah menyiapkan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), 2) Pelaksanaan kegiatan permainan
warna dengan media benang pada kelompok B di RA Miftahul Ulum Sucolor
Maesan Bondowoso meliputi: pertama kegiatan pembukaan terdiri dari berbaris,
salam pembuka dan berdoa sebelum belajar; kedua, kegiatan inti dimana guru
menjelaskan prosedur permainan warna, memberikan contoh dilanjutkan siswa
melakukan permainan ini secara mandiri, dan ketiga penutup, meliputi
menanyakan perasaan siswa selama kegiatan hari, berdiskusi tentang kegiatan
yang sudah dilakukan, menginformasikan kegiatan untuk esok hari, pesan dan
kesan untuk anak dari guru, berdoa setelah belajar dan salam, serta 3) Evaluasi
kegiatan permainan warna dengan media benang pada kelompok B di RA
Miftahul Ulum Sucolor Maesan Bondowoso, guru menggunakan penilaian hatian,
ceklist, dan hasil karya.
Kata Kunci:Kreativitas, Permainan Warna Media Benang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Ms Maftuhatul Musyarrofah
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:05
Last Modified: 11 Jul 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26348

Actions (login required)

View Item View Item