Pratama, Doan agung (2023) Implementasi Nilai Nilai Islam Nusantara di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
DOAN AGUNG PRATAMA_T20181023.pdf Download (1MB) |
Abstract
Doan Agung Pratama, 2023: Implementasi Nilai-Nilai Islam Nusantara di Madrasah Aliyah Negeri 1 BanyuwangiKata Kunci: Implementasi, nilai-nilai Islam NusantaraIslam Nusantara adalah adalah sebuah konsep yang menggabungkan antara ajaran Islam (Al-Qur‟an dan Hadis) dengan budaya serta berwawasan nusantara yang berwujud Islam santun, damai, dan toleran. Ssedangkan, nilai-nilai Islam nusantara ini adalah segala sesuatu yang baik, penting, diinginkan dan dianggap layak sesuai dengan ajaran Islam maupun budaya lokal bangsa Indonesia (Nusantara). Implementasi Islam nusantara diharapkan mampu membentuk peserta didik yang berbudaya serta berakhlakul karimah dimanapun berada. Lembaga pendidikan (Madrasah) selain sebagai tempat untuk mentransfer ilmu pengetahuan, juga sebagia alernatif yang cocok untuk mentransfer atau menginternalisasikan nilai-nilai yang baik guna untuk membentuk karakter peserta didik yang insan kamil. Fokus penelitiannya yaitu 1) bagaimana implementasi nilai-nilai Islamnusantara di Madrasah Aliyah negeri Banyuwangi? 2) apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai-nilai Islam nusantara di madrasah aliyah negeri 1 banyuwangi?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Islam nusantara di madrasah aliyah negeri 1 banyuwangi 2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai Islam nusantara di madrasah aliyah negeri 1 banyuwangi.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, obserasi, dan dokumentasi, analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif yaki kondensasi data, penyajian data, dan penarikan data. Kebsahan data yang dgunakan dalam penelitian ini yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian: 1) Nilai-nilai Islam nusantara ini diimplementasikan di madrasah aliyah negeri 1 banyuwangi dengan melakukan pembiasaan dan teladan yang dilakukan oleh seluruh warga madrasah. Nilai-nilai Islam nusantara yang diimplementasikan yakni kurikulum yang seimbang, nilai ubudiyah yang terkaitan dengan hal-hal ibadah dan juga pembiasaan dengan melakukan salam sapa di gerbang setiap pagi dengan tujuan untuk membentuk karakter peserta didik memiliki sikap santun dan saling menghormati. 2) faktor pendukungnya yaitu dukungan penuh dari pihak madrasah, sedangkan faktor penghambatnya yakni kurikulum yang berubah-ubah, dampak pandemi covid-19, dan perbedaan golongan yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Me Perpustakaan Doan agung pratama |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:41 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26492 |
Actions (login required)
View Item |