PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM FULL DAY BAITUL IZZI BALUNG KULON BALUNG JEMBER

Umi, Mahmudah (2023) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM FULL DAY BAITUL IZZI BALUNG KULON BALUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRPSI UMI MAHMUDAH-T20184093.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik adalah suatu pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik mengenai sejumlah kemampuan hidup untuk meningkatkan karakter peserta didik Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Full Day Baitul Izzi Balung Kulon Balung Jember? 2) Bagaimana Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Full Day Baitul Izzi Balung Kulon Balung Jember? 3) Bagaimana Implikasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Full Day Baitul Izzi Balung Kulon Balung Jember?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Konsep Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Full Day Baitul Izzi Balung Kulon Balung Jember 2) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Full Day Baitul Izzi Balung Kulon Balung Jember 3) Untuk mendeskripsikan Bagaimana Implikasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam Full Day Baitul Izzi Balung Kulon Balung Jember Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model interaksi dari Milles and Huberman & Jhonny Saldana. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) konsep pendidikan karakter di SDI Full Day Baitul Izzi menerapkan kegiatan pembelajaran seperti cara dari sekolah full day lainnya yang sudah maju, dan selalu berinovasi agar visi dan misi awal SDI Full Day Baitul Izzi tercapai dengan mengikuti perkembangan zaman. 2) Pembelajaran tematik di SDI Full Day Baitul Izzi dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan (silabus, Rpp, metode, strategi, setting kelas), pelaksanaan (kegiatan pembuka, inti, dan penutup), dan evaluasi. 3) Implikasl pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik di SDI Full Day Baitul Izzi yaitu setelah melalui berbagai macam pembelajaran tematik, karakter yang direncanakan guru akan berkembang pada pribadi peserta didik, hal itu dibuktikan oleh tingkah laku yang semula kurang baik menjadi baik, berakhlakul karimah dan menjalankan kegiatan sehari-hari berdasarkan sunnah nabi. hambatan dalam menamam pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik terletak pada pribadi siswa itu sendiri, kurangnya kerja sama anatara orang tua siswa dan guru, memberikan kebebasan anak bermain hp, penanaman dan pembiasaan di rumah tidak sejalan dengan pembiasaan di sekolah, dan lingkungan pergaulan yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Umi Mahmudaha
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:35
Last Modified: 12 Jul 2023 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26520

Actions (login required)

View Item View Item