Rizal Hasbi, Mohammad (2023) STRATEGI PENJUALAN BARANG ANTIK DALAM MENINGKATKAN MINAT KONSUMEN DI ERA MODERN DI TOKO JOMPO PASAR TANJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
MOHAMMAD RIZAL HASBI_E20172119.crdownload Download (2MB) |
Abstract
Mohammad Rizal Hasbi: Strategi Penjualan Barang Antik dalam Meningkatkan
Minat Konsumen di Era Modern di Toko Jompo Pasar Tanjung Jember.
Usaha Keris telah mempraktekkan strategi pemasaran dengan menjual
barang yang ditujukan untuk berbagai demografi. Sementara itu, mereka telah
menggunakan berbagai strategi promosi di industri keris, didukung oleh sejumlah
dana kegiatan promosi, semuanya dengan tujuan semata-mata untuk
meningkatkan penjualan. Promosi aktif melalui platform media sosial seperti
Instagram dan Facebook, promosi melalui bisnis offline, distribusi brosur,
penawaran jaminan pengembalian barang, promosi melalui partisipasi sponsor,
penawaran diskon, give-away, member, dan pre-order hanyalah beberapa dari
promosi yang telah dijalankan. Selain itu, pedagang terus-menerus memasarkan
MarketPlace dan platform lain untuk memudahkan pelanggan melakukan
pembelian.
Tujuan utama penjualan adalah untuk memaksimalkan keuntungan,
sehingga pengusaha Keris melakukan promosi mereka menggunakan pendekatan
promosi tradisional, yang seringkali memiliki sedikit atau tanpa nilai. Salah satu
cara bisnis online beriklan adalah dengan menawarkan pengiriman gratis di
wilayah tertentu. Di Instagram, penjual keris juga sering menjalankan promosi
musiman seperti memberikan diskon secara gratis, namun penjualan melalui toko
online belum berjalan dengan baik atau bahkan sama sekali, seperti yang
ditunjukkan oleh respon konsumen yang sangat rendah terhadap promosi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi, 1) bagaimana startegi penjualan
keris kuno dalam meningkatkan minat konsumen? 2) Faktor apa saja yang dapat
mendukung penjualan keris kuno dalam meningkatkan minat konsumen di era
modern?
Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif
deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan
yang bertujuan untuk mendeskripsikan. Dalam hal ini yaitu Strategi penjualan
keris kuno dalam meningkatkan minat konsumen melalui modal sosial ekonomi
kelembagaan
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah 1) Strategi penjualan Barang
Antik ini pada akhir tahun belakangan ini lebih banyak menggunakan market
place yang bersifat online, sebab setelah negara indonesia diterjang oleh pandemi
banyak masyarakat yang memilih membeli barang melalu online, dan sampai
sekarang para masyarakat kita masih banyak yang terjebak pada pelayanan online
tersebut, sehingga toko barang antik di juga lebih mengandalkan memposting
barang dagangan mereka di toko-toko online tersebut 2) Adapun faktor-faktor
yang mempengaruhi peningkatan penjualan produk di pengaruhi oleh harga
produk, kualitas produk dan produk itu sendiri, karena bagaimanapun kita
memperomosikan jika dalam promosi tidak ada 3 unsur ini maka sama tidak ada
peningkatan penjualan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | mohammad rizal hasbi |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:05 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26640 |
Actions (login required)
View Item |