Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Ruang Dalam Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Untuk Peserta Didik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang

Maulani, Hafifah Qori' (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Ruang Dalam Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Untuk Peserta Didik Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK VIVA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK

Hafifah Qori Maulani 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Ruang Dalam Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Untuk Peserta Didik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Lumajang.

Kata Kunci: Pengembangan Media Monopoli Ruang, Volume Bangun Ruang.
Pengembangan media pembelajaran monopoli ruang pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang untuk membantu guru dalam proses pembelajaran dikelas memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Seperti halnya minimnya pengembangan media monopoli ruang di Madasah Ibtidaiyah Nurul Islam Kunir Lor Lumajang, pengembangan media monopoli ruang ini merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai proses pembelajaran agar lebih menarik dan memberikan nuansa lingkungan yang baru bagi siswa terutama dalam pengembangan media monopoli ruang.
Tujuan penelitian yaitu (1) menghasilkan produk yang berupa media pembelajaran monopoli ruang pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang di kelas V (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran monopoli ruang pada pembelajaran matematika materi volume bangun ruang di kelas V
Metode penelitian dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Research and Development dengan model penelitian yang dikemukakan oleh Robbert Marible Branch terdiri dari analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semistruktur dan lembar angket yang diadaptasi dari penelitian terdahulu. Validasi produk yang dilakukan oleh 3 validator ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran.
Hasil penelitian ini menghasilkan sebuah produk monopoli ruang dengan ukuran 6,5 cm, panjang 48, tinggi 19 cm, yang terdiri dari kartu monopoli dan kartu skor monopoli. Dalam pengembangan media monopoli ruang peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran dan media monopoli ruang ini sudah memenuhi kriteria kevalidan produk dengan 3 ahli materi dengan hasil skor 88% dengan kategori sangat valid dan dari ahli desain 96% dengan kriteria sangat valid dan ahli pembelajaran 84% dengan kriteria valid. Jadi dapat disimpulkan bahwa media monopoli ruang sangat layak untuk diimplementasikan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Hafifah Qori' Maulani
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:29
Last Modified: 13 Jul 2023 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26653

Actions (login required)

View Item View Item