Juniarni, Vegaria (2023) IMPLEMENTASI ALAT PERMAINAN EDUKATIF MEMANCING HURUF UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK A2 DI RA MUSLIMAT NU 34 SUKOSARI LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI VEGA BISMILLAH ACC n edit BENDEL 3X BESOK SELSA.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Vegaria Juniarni, 2023: Implementasi Alat Permainan Edukatif Memancing Huruf
Untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Pada Kelompok A2 di
RA Muslimat NU 34 Sukosari Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci : APE Memancing Huruf, Bahasa
Alat Permainan Edukatif adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai
sarana atau peralatan untuk bermain yang menggunakan nilai pendidikan (edukatif)
dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak. Bahasa adalah salah satu aspek
perkembangan yang harus dikembangan pada anak usia 4-5 tahun karena bahasa
merupakan media komunikasi agar menjadi bagian dari kelompok sosialnya. Bahasa
dapat berbentuk gambar, lisan, tulisan, dan isyarat.Guru di RA Muslimat NU 34
Sukosari Lumajang dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak, salah satunya
menggunakkan permainan memancing huruf.Permainan memancing huruf adalah
bentuk kegiatan bermain untuk mengenalkan betuk huruf dan bunyi huruf abjad yang
dilakukan dengan cara mengail ikan yang sudah tertera huruf A-Z dan dilakukan
secara bergantian.
Fokus Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah
perencanaan implementasi alat permainan edukatif memancing huruf dapat
mengembangkan kemampuan bahasa pada anak kelompok A2 di RA Muslimat NU 34
Sukosari? 2)Bagaimana pelaksanaan implementasi alat permainan edukatif
memancing huruf untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak kelompok A2
di RA Muslimat NU 34 Sukosari? 3) Bagaimana hasil perkembangan bahasa anak
pada kelompok A2 melalui implementasi alat permainan edukatif memancing huruf
pada kelompok A2 di RA Muslimat NU 34 Sukosari?
Tujuan peelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan
implementasi alat permainan edukatif memancing huruf dapat mengembangkan
kemampuan bahasa pada anak kelompok A2 di RA Muslimat NU 34 Sukosari 2)
Untuk mendeskripsikan pelaksanaan implementasi alat permainan edukatif
memancing huruf dapat mengembangkan kemampuan bahasa pada anak kelompok
A2 di RA Muslimat NU 34 Sukosari 3) Untuk mendeskripsikan hasil perkembangan
bahasa pada anak melalui implementasi alat permainan edukatif memancing huruf
pada kelompok A2 di RA Muslimat NU 34 Sukosari
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti
yaitu: wawancara bestruktur, observasi partisipatif, dan penarikan kesimpulan.
Sedangkan untuk menentukan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Guru menyusunan perangkat
pembelajaran yang mengacu pada K13, kedua guru menyusun RPPH sesuai K13,
ketiga guru memilih media dan metode yang akan dipakai pada saat pembelajaran,
keempat menentukan teknik yang akan dipakai pada saat pembelajaran berlangsung,
kelima guru menilai hasil dari perkembangan anak. 2) Pendidik mendemonstrasikan
secara langsung tentang permainan memancing huruf yang akan dimainkan oleh
peserta didik, guru memberikan contoh gerakan dan juga materi pada saat bermain,
guru memberikan contoh bagaimana menggunakan peralatan yang akan digunakan,
guru juga memberikan contoh memainkan dengan sportif antar teman pada saat
bermain.3) Guru melakukan pengumpulan data atau informasi tentang keberhasilan
peserta didiknya, guru mengevalusai keberhasilannya melalui program yang sudah di
tentukan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Depositing User: | Ms Vegaria Juniarni |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:13 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26740 |
Actions (login required)
View Item |