Maulana, Cahya Agung (2023) Optimalisasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text (Cahya Agung Maulana_D20194040)
CAHYA AGUNG MAULANA_D20194040.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Cahya Agung Maulana,2023: Optimalisasi Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan Publik Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.
Kata Kunci : Optimalisasi,Kinerja Pegawai,Pelayanan Publik.
Pelayanan merupakan sebuah proses pemenuhan kebutuhan aktivitas secara langsung
yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masnyarakat dapat mendapatkan kepuasaan.
Untuk mendapatakan hasil pelayanan yang baik maka peran pegawai sangat penting untuk
melayani kebutuhan masnyarkat. Pegawai Kantor Urusan Agama telah berusaha semaksimal
mungkin dengan kemampuan dan fasilitas yang ada untuk memberikan pelayanan yang
terbaik kepada masyarakat.Namun tugas dan peran Kantor Urusan Agama di Kecamatan
Binakal tidak terealisasi dengan baik karena kurangnya staf untuk melaksanakan tujuan yang
direncanakan dan fasilitas yang tidak memadai sehingga pelayanan masih belum optimal.
Adapun fokus penelitian ini adalah : 1. Apa Saja bentuk bentuk Pelayanan Publik yang
ada pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso ? 2.Apakah
Sudah Optimal Pelayanan Publik Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten
Bondowoso ? 3. Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Optimalisasi di Kantor
Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso?
Adapun Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mendeskripsikan bentuk bentuk
Pelayanan Publik yang ada pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten
Bondowoso 2. Untuk mendeskripsikan Apakah Sudah Optimal Pelayanan Publik Kantor
Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso. 3. Untuk mendeskripsikan Apa
Saja Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Optimalisasi Di Kantor Urusan Agama
Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.
Metode yang digunakan di skripsi ini ialah metode kualitataif. Penelitian kualitaif ini
menggunakan pendekatan pemelitian lapangan atau Field research. Dengan menggunakan
teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi,wawancara,dan
dokumentasi,dan juga menggunakan triangulasi data dalam uji keabsahan data yang
diperoleh.
Hasil Penelitian ini diperoleh dengan kesimpulan,yaitu : 1. Bentuk pelayanan Publik
di Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal melayani keperluan masnyarakat mengenai
keagamaan,antara lain : Bidang Kepenghuluan (Nikah dan Rujuk) ,Bidang Pengelola Data
dan Informasi Manajemen KUA ,Bidang Keluarga Sakinah ,Bidang Kemasjidan ,Bidang
Pembinaan Syariah ,Bidang Wakaf ,Bidang Zakat,Bidang Ibadah Haji dan Umrah ,Bidang
Produk Halal,Bidang Ibadah Sosial Disamping itu ada penyuluh KUA yang merupakan
pelaksana bimbingan nasihat-nasihat keagamaan 2. Apakah sudah optimal pelayanan publik
Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso dalam hal pelayanan
masih belum optimal. 3. Apa Saja Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Optimalisasi Di
Kantor Urusan Agama Kecamatan Binakal. Faktor Pendukung Pada Kantor Urusan Agama
Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso yaitu factor tingkat pendidikan, pelayanan system
online dan ketersediaan system pelayanan yang lengkap. Sedangkan Faktor Penghambatnya
yaitu : Kurangnya Kedisilinan Pegawai dan tanggung jawab terhadap pekerjaannya,
Kurangnya Kemampuan Pegawai dalam menggunakan teknologi dan Kurangnya Pemahaman
Masyarakat terhadap Penerapan Sistem Online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi,Kinerja Pegawai,Pelayanan Publik |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | D20194040 Cahya Agung Maulana |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 06:30 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 06:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26777 |
Actions (login required)
View Item |