Ulwa, Abidah Lailatul (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta Karya Sahrul Gibran Dan Relevansinya Dengan Surah Al-Mujadalah Ayat 11. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Abidah Lailatul Ulwa _T20191454.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nilai-nilai pendidikan Islam adalah semua aspek yang terdapat dalam
pendidikan Islam termasuk pendidikan akidah, akhlak, dan ibadah yang dapat
pembentukan pribadi manusia sebagai makhluk individu, beragama, dan berbudaya
sosial. Nilai tersebut dapat diperoleh dari tayangan film, karena film adalah salah
satu media pada saat ini yang memiliki potensi dalam menyampaikan pesan
termasuk pesan pendidikan Islam melalui alur cerita, visualisasi, karakter dan dialog
tokoh. Oleh karena itu, penting untuk memahami nilai-nilai pendidikan Islam yang
terkandung dalam film sehingga berdampak positif bagi penontonnya. Salah satu
film yang banyak diminati dan terdapat nilai pendidikan Islam yang dapat dijadikan
contoh oleh generasi saat ini yakni film Mimpi Ananda Raih Semesta (MARS).
Fokus dalam penelitian ini yakni sebagai berikut. 1) Bagaimana nilai
pendidikan akidah dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta? 2) Bagaimana nilai
pendidikan akhlak dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta? 3) Bagaimana nilai
pendidikan ibadah dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta? 4) Bagaimana
relevansi nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Mimpi Ananda Meraih Semesta
dengan Surah Al-Mujadalah Ayat 11?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. 1)
Nilai pendidikan akidah dalam film mimpi ananda meraih semesta, 2) Nilai akhlak
dalam film mimpi ananda meraih semesta, 3) Nilai ibadah dalam film mimpi ananda
meraih semesta, dan 4) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam film mimpi
ananda meraih semesta dengan surah Al-Mujadalah ayat 11.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode
penelitian kepustakaan atau library research. Proses pengumpulan data
menggunakan metode dokumentasi adegan film MARS. Teknik analisis data yang
digunakan yakni analisis semiotika Charles Sanders Pierce. Teknik keabsahan data
yang digunakan yakni teknik meningkatkan ketekunan atau keajegan pengamatan.
Berdasar hasil penelitian ditinjukkan adanya nilai-nilai pendidikan Islam
dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta. 1) Nilai pendidikan akidah dalam film
Mimpi Ananda Raih Semesta meliputi iman kepada Allah Swt. dan iman kepada
qada‟ dan qadar, 2) Nilai pendidikan akhlak dalam film Mimpi Ananda Raih
Semesta meliputi perilaku amanah, berani, hemat, ikhlas, ikhtiar, jujur, kasih
sayang, kuat, malu, menepati janji, ramah, sabar, syukur, tabligh, dan
tolong menolong, 3) Nilai pendidikan ibadah dalam film Mimpi Ananda Raih
Semesta meliputi ibadah melalui perbuatan yakni salat, belajar, dan menutup aurat
dan ibadah melalui perkataan yakni doa baik untuk orang lain, dan 4) Relevansi
nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta surah Al-
Mujadalah ayat 11 yakni menaati perintah, memberikan kelapangan pada majelis,
saling tolong menolong, perintah untuk berlapang dada, serta diangkatnya derajat
orang yang beriman dan memiliki ilmu.
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Film Mimpi Ananda Raih Semesta,
Tafsir Surah Al-Mujadalah Ayat 11.
Actions (login required)
View Item |