Perjanjian Jual Beli di Perumahan Syariah Ataya Residence Kabupaten Jember Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Ramadhan, Sharul Rizki (2023) Perjanjian Jual Beli di Perumahan Syariah Ataya Residence Kabupaten Jember Perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sharul Rizki Ramadhan_S20192141.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sharul Rizki Ramadhan, 2023 : Perjanjian Jual Beli di Perumahan Syariah Ataya Residence Kabupaten Jember Perspektif Hukum Ekonomi Syariah

Kata Kunci : Perjanjian Jual Beli, Perumahan Syariah Ataya Residence.

Perumahan Syariah Ataya Residence yang berada di Kabupaten Jember ini menawarkan perumahan yang berbasis syariah dengan pembayaran tanpa bank langsung kepada Developer. Akan tetapi, dalam pelaksanaan transaksi jual beli yang memakai model pembiayaan syariah belum tentu sesuai dengan prinsip syariah, maka dari itu peneliti mengambil perspektif Hukum Ekonomi Syariah. Perumahan Syariah Ataya Residence ini dalam melaksanakan jual beli rumah memakai dua akad yang terpisah yaitu akad jual beli tanah dan akad jasa pembangunan rumah.
Fokus permasalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah praktik jual beli tanah yang dilakukan oleh Perumahan Syariah Ataya Residence Kabupaten Jember Perspektif Hukum Ekonomi Syariah? 2) Bagaimanakah praktik perjanjian jasa pembangunan rumah dan bahan bangunan yang dilakukan oleh Perumahan Syariah Ataya Residence Kabupaten Jember Perspektif Hukum Ekonomi Syariah?.
Sedangkan arah penelitian ini yang ingin dituju adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli tanah dan praktik jasa pembangunan rumah, kemudian mendeskripsikan praktik tersebut dalam tinjauan Hukum Ekonomi Syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini triangulasi sumber yang mana peneliti mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Dari hasil penelitian tersebut terdapat kesimpulan 1) Praktik akad jual beli tanah yang dilakukan oleh Perumahan Syariah Ataya Residence memakai skema pembayaran dengan akad bai’ at-taqsith (kredit). Perbedaan harga tunai dengan kredit bukan termasuk riba, akan tetapi hal ini merupakan bentuk kompensasi tertahannya hak penjual dalam waktu tertentu. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah pelaksanaan praktik akad tersebut sudah sesuai dengan syariah, karena telah memenuhi rukun dan syarat dalam perjanjian maupun akad jual beli dan juga sudah sesuai dengan asas-asas perjanjian syariah dan tidak adanya unsur riba. 2) Praktik akad jasa bangun rumah atau ujroh kontruksi yang dilakukan oleh Perumahan Syariah Ataya Residence termasuk pada akad ijarah yang artinya upah-mengupah. Dalam perspektif hukum ekonomi syariah pelaksanaan praktik akad jasa pembangunan rumah ini tidak sah dilakukan karena di dalam akad tersebut ada jual beli material atau bahan bangunan, yang mana akad ujroh kontruksi ini hanya akad jasa bukan termasuk bahan bangunan dan bahan bangunan tidak bisa memakai akad ujrah kontruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Sharul Rizki Ramadhan
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:57
Last Modified: 13 Jul 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/26869

Actions (login required)

View Item View Item