IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA PGRI BANGOREJO BANYUWANGI

SOVIA, HILMA (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN VOKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA PGRI BANGOREJO BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HILMA WILDANA SOVIA_D20173079.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hilma Wildana Sovia, 2022 : Implementasi Pendidikan Vokasi Untuk
Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di
Sekolah Luar Biasa PGRI Bangorejo Banyuwangi.
Kata kunci : pendidikan vokasi, kepercayaan diri, anak tunagrahita.
Anak tunagrahita memiliki kepercayaan diri yang rendah sehingga anak
tunagrahita tidak mampu membangun relasi sosial dengan baik, oleh karnanya
sekolah berkewajiban untuk membangun kepercayan diri siswa dengan
memberikan pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi sangat penting untuk
memastikan bahwa siswa mampu, berkarya dan terampil dalam menjalani
kehidupan mereka dan berkembang, memberi mereka bekal dan pelatihan yang
penting dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara yang tepat.
Adapun fokus permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah: 1.)
Bagaimana implementasi pendidikan vokasi untuk meningkatkan kepercayaan
diri siswa tunagrahita layak didik di SLB PGRI Bangorejo Banyuwangi. 2.) Apa
hambatan implementasi pendidikan vokasi untuk meningkatkan kepercayaan diri
siswa tunagrahita layak didik di SLB PGRI Bangorejo Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah : 1.) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
implementasi pendidikan vokasi untuk meningkatkan kepercayaan diri Siswa
Tunagrahita layak didik di SLB PGRI Bangorejo Banyuwangi. 2.) Untuk
mengetahui dan mendeskripsikan hambatan implementasi pendidikan vokasi
untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa Tunagrahita layak didik di SLB PGRI
Bangorejo Banyuwangi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun Teknik Pengumpulan
data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Keabsahan
data menggunakan triangulasi teknik. Analisis yang digunakan yaitu dengan
Teknik Miles dan Huberman dengan langkah – langkahnya yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian yaitu Kepala
sekolah, guru pendamping, siswa tunagrahita.
Adapun hasil penelitian yang didapatkan peneliti menunjukan bahwa
proses guru melaksanakan pendidikan vokasi untuk meningkatkan kepercayaan
diri siswa tunagrahita di SLB PGRI Bangorejo yaitu memberikan pelatihan
tataboga, menjahit dan membatik pada siswa supaya terampil dalam menjalankan
kehidupan sehari hari. Hambatan pelaksanaan pendidikan vokasi untuk
meningkatakan kepercayaan diri siswa tunagrahita yaitu seperti mood yang
berubah – ubah dan ketidak mampuan siswa dalam mengkontrol emosinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs. Hilma Sovia
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:39
Last Modified: 13 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item View Item