Annisa Puspitaningrum, Puspitaningrum (2023) PENERAPAN STRATEGI TEBAK GAMBAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH TARBIYATUL IHSAN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
Annisa T20164012_010823.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran di kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan
Probolinggo utamanya mengguanakan cara atau strategi yang tepat dalam
penerapan pembelajaran. Kelas II adalah tahap awal bagi anak mengenal hal-hal
sifatnya logis, sehingga pembelajaran dituntut membuat anak nyaman dalam
pelaksanaan pembelajaran dikelas.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan
Penerapan strategi bermain tebak gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia
kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan Probolinggo?. (2) Bagaimana
pelaksanaan Penerapan strategi bermain tebak gambar pada pembelajaran bahasa
Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan Probolinggo?. (3)
Bagaimana evaluasi Penerapan strategi bermain tebak gambar pada pembelajaran
bahasa Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan Probolinggo?
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menjelaskan perencanaan Penerapan
strategi bermain tebak gambar pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di
Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan Probolinggo. (2) Untuk mendeskripsikan
pelaksanaan Penerapan strategi bermain tebak gambar pada pembelajaran bahasa
Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan Probolinggo. (3)
Untuk mendeskripsikan evaluasi Penerapan strategi bermain tebak gambar pada
pembelajaran bahasa Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan
Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian strategi tebak gambar pada pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ihsan Probolinggo adalah 1)
Perencanaan penerapan strategi tebak gambar pada pembelajaran Bahasa
Indonesia untuk meliputi guru menerapkan strategi tebak gambar pada
pembelajaran Bahasa Indonesia dengan membuat RPP dan Silabus terlebih
dahulu, selanjutnya guru menyiapkan materi yang sesuai, kemudian menyiapkan
media, alat dan bahan. Setelah alat dan bahan telah ditentukan, maka guru juga
menyiapkan langkah-langkah kerjanya. Dan guru juga menyiapkan lembar kerja
untuk siswa agar mengetahui sejaumana pemahaman di dalam pembelajaran. 2)
pelaksanaan penerapan strategi tebak gambar pada pembelajaran Bahasa
Indonesia meliputi empat tahapan kegiatan diantaranya: kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, Penggunaan strategi tebak gambar pada pembelajaran, dan kegiatan
penutup. 3) evaluasi penerapan strategi tebak gambar pada pembelajaran bahasa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Annisa Puspitaningrum Annisa Puspitaningrum |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 07:56 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27052 |
Actions (login required)
View Item |