Afni, Himayati (2023) Aktualisasi Nilai-nilai Kepesantrenan Dalam Konstruksi Budaya Religius di Madrasah Aliyah ASHRI Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Afni Himayati T20191193.pdf Download (5MB) |
Abstract
Afni Himayati,2019:Aktualisasi Nilai-nilai Kepesantrenan Dalam Konstruksi
Budaya Religius di Madrasah Aliyah ASHRI Jember.
Kata Kunci : Aktualisasi, Nilai-nilai Kepesantrenan, Budaya Religius.
Pembelajaran Agama menjadi suatu pokok pembelajaran yang penting
dalam pendidikan Indonesia, karena mayoritas masyarakat Indonesia yang
menganut Agama Islam dan agama lain menjadi tingkatan minoritas di negara ini.
Kebanyakan agama Islam yang di anut di Indonesia berdasarkan aliran ke 4
madzhab kita yaitu Imam Al Ghozali, Imam Syafi‟i, Imam Maliki dan Imam
Hambali. Pengajaran agama yang berlandaskan Ahlussunnah Wal Jama‟ah
menjadi pandangan dalam pendidikan. Namun, tak jarang juga siswi-siswi
Madrasah Aliyah ASHRI yang melanggar kebiasaan atau aturan yang sudah
ditetapkan disekolah. Permasalahan tersebut tentunya menjadi catatan tersendiri
bagi pihak Madrasah untuk kembali mendisiplinkan siswa dengan berbagai
macam cara yang dianggap efektif untuk mempertahankan budaya religius yang
dapat mendudukung visi dan misi lembaga untuk mewujudkan kepribadian
Mar‟atus Shalihah yang cerdas, terampil dan berpegang teguh pada aqidah Islam
Ahlussunnah Wal Jama‟ah.Karena ajarannya yang sesuai dan langsung
bersambung dengan Sunnah Nabi dan Al-Qur‟an sebagai sumber pegangan hidup
manusia. Permasalahan inilah yang tentunya menjadi alasan di sekolah MA
ASHRI yang notabennya berbau kepesantrenan mempunyai tanggung jawab lebih
untuk membimbing dan membiasakan melalui metode pendekatan mengenai nilai-
nilai kepesantrenan dalam konstruksi budaya religius.
Fokus penelitian pada dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Konsep
Aktualisasi Nilai-nilai Kepesantrenan Dalam Konstruksi Budaya Religius Di MA
ASHRI Jember. 2) Bagaimana strategi dalam meng-Aktualisasikan Nilai-nilai
Kepesantrenan Dalam Konstruksi Budaya Religius Di MA ASHRI Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriptif dengan jenis
penelitian Field Reseacrh dan subjek penelitiandalam penelitian ini diambil secara
Purposive Sampling, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Obervasi,
Wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi dengan menganalisis data secara
deskriptif-kualitatif (Kondensasi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan). Uji
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yang terdiri
dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode.
Adapun hasil dari penelitian ini berupa konsep kegiatan dari nilai-nilai
kepesantrenan yaitu : mengembangkan akhlak, kecakapan beragama, kepedulian
sosial, dan sikap bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat. Nilai-
nilai tersebut dituang dalam kebijakan-kebijakan yang ada di lembaga sekolah.
Hasil penelitian ini juga berupa strategi yang dilakukan lembaga untuk
mengaktualisasikan nilai-nilai kepesantrenan dalam konstruksi budaa religius
yaitu dengan melakukan tiga tahapan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
Dengan didukung oleh peran guru sebagai pendidik yang mampu mengayomi dan
membina siswa di MA ASHRI Jember dalam mengimplementasikan nilai-nilai
kepesantrenan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Depositing User: | Afni Himayati Afni Himayati |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:42 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:42 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27077 |
Actions (login required)
View Item |