Mahendra, A. Izza (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PUZZLE KAYU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII DI SMP ISLAM RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shidiq Jember.
Text
A. IZZA MAHENDRA T20167023.pdf Download (3MB) |
Abstract
A. Izza Mahendra, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Kayu Dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII di SMP Islam Rambipuji Jember
Kata Kunci: Media pembelajaran, Puzzle Kayu, Penalaran Siswa, Materi Segitiga dan Segiempat
Media pembelajaran merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik sesuai tingkat pengetahuan dan usia, agar peserta didik dapat belajar secara mandiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari pendidik. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan berbasis masalah dalam menumbuhkan kemampuan penalaran siswa materi perbandingan sesuai kurikulum terbaru yakni 2013.
Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Kayu Dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII di SMP Islam Rambipuji Jember. 2) Bagaimana kevalidan bahan ajar matematika berbasis masalah dalam menumbuhkan kemampuan penalaran siswa pada materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII di SMP Islam Rambipuji Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan proses Pengembangan Media pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII di SMP Islam Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan produk Pengembangan media pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas VII di SMP Islam Rambipuji Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model tahapan ADDIE yaitu (1) Analysis (analisa), (2) Design (Desain/ perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi/ eksekusi), (5) Evaluation (Evaluasi/ Umpan Balik).
Hasil dari 1) proses pengembangan dilakukan dengan 3 tahapan yaitu (1) Analysis (analisa) pada tahap ini terdapat Analisis Kurikulum 2013, Analisis Konsep, Analisis Tugas, dan Spesifikasi Tujuan Pembelajaran (2) Design (Desain/ perancangan) pada tahap ini terdapat pemilihan format dan rancangan awal bahan ajar (3) Development (pengembangan) pada tahap ini terdapat validasi ahli dan revisi produk. Penelitian ini hanya sampai pada Development (pengembangan) dikarenakan keterbatasan biyaya dan waktu. Jadi penilitian ini yang awalnya ada 5 tahapan yaitu ADDIE menjadi 3 tahapan yaitu ADD. 2) Hasil kevalidan dilakukan oleh 3 validator, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli pendidikan matematika. Hasil yang diperoleh dari ahli materi yakni dengan skor 80%, ahli desain 89%, ahli pendidikan matematika 84%. Dari analisis kevalidan menunjukkan rata-rata keseluruhan 84,3% dengan kriteria valid dan dapat digunakan namun dengan perbaikan kecil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | A. Izza Mahendra |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 08:11 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 08:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27198 |
Actions (login required)
View Item |