Ahmad Faishal, Afton Hakim (2023) Pembelajaran Model Student Team Achievement Division Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bab Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah Sekolah Menengah Pertama As-Syafi'i Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Watermark Fix.pdf Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam saat ini khususnya pada materi-
materi yang sulit untuk dipahami perlu adanya inovasi pembelajaran yang lebih
memfokuskan kepada keaktifan belajar peserta didik. Materi Pendidikan Agama
Islam yang dinilai sulit bagi peserta didik yakni salah satunya pada Bab
Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah. Salah satu inovasi model
pembelajaran yang dapat mengatasi keaktifan belajar peserta didik yakni dengan
pembelajaran model Student Team Achievement Division (STAD) yang diterapkan
di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama As-Syafi’i.
Fokus pada penelitian ini ada tiga yakni (1) Bagaimana presentasi kelas,
(2) Bagaimana kerja kelompok, dan (3) Bagaimana keaktifan belajar peserta didik
dalam pembelajaran model Student Team Achievement Division pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bab Pertumbuhan Ilmu
Pengetahuan Masa Abbasiyah di Kelas VIII.
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendiskripsikan presentasi kelas,
kerja kelompok, dan keaktifan belajar peserta didik pembelajaran model Student
Team Achievement Division pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan
Budi Pekerti Bab Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah di Kelas VIII.
Metode penelitian yang digunakan peneliti yakni menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi
penelitianya berada di SMP As-Syafi’I Rambipuji. Penentuan subyek penelitian
ini menggunakan teknik purposive. Analisis datanya menggunakan analisis data
model Miles, Huberman dan Saldana. Pada pengujian keabsahan data, peneliti
menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Presentasi kelas dalam
pelaksanaanya terdapat lima aspek yaitu, a) Pendidik membuka presentasi dengan
bercerita, b) Pendidik percaya diri, c) Pendidik bersemangat, d) Pendidik mampu
mengembangkan poin-poin yang terdapat di dalam slide, e) Pendidik mampu
menjawab pertanyaan yang diajukan peserta didik terkait bab pertumbuhan ilmu
pengetahuan masa abbasiyah dengan baik dan benar. 2) Kerja kelompok terdapat
tiga komponen penting yaitu, a) Peserta didik bertanggung jawab terhadap
tugasnya masing-masing sehingga keberhasilan kelompok tergantung setiap
anggotanya, b) Peserta didik berkumpul dalam kelompoknya untuk berinteraksi
dan berdiskusi secara langsung, c) Pendidik memberikan arahan tata cara
berdiskusi dengan baik. 3) Keaktifan belajar dapat dinilai melalui observasi pada
saat proses diskusi dan presentasi kelompok.
Kata Kunci: Pembelajaran Model Student Team Achievement Division
(STAD), Bab Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Masa Abbasiyah,
Keaktifan Belajar Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Ahmad Faishal Afthon Hakim |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:35 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27290 |
Actions (login required)
View Item |