Implementasi metode Ummi dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur'an di Ummi daerah Cabang kebonan kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang

Fike, Anggraeni and Fike, Anggraeni (2023) Implementasi metode Ummi dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur'an di Ummi daerah Cabang kebonan kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam negeri kiai haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FIKE ANGGRAENI-T20171198 watermark.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fike Anggraeni, 2023: “ Implementasi Metode Ummi dalam Mengajarkan Cara
Membaca Al-Qur’an di Ummi Daerah (UMDA) Cabang Kebonan Kecamatan
Pasirian Kabupaten Lumajang”
Kata kunci: Metode Ummi Daerah, Mengajarkan Cara Membaca Al-Qur’an
Ummi Daerah Lumajang merupakan sebuah lembaga dibawah naungan Ummi
Foundation yang bergerak dibidang pendidikan Al-Qur’an dan berkomiten
mewujudkan pengajaran Al-Qur’an yang bermutu tinggi. Pembelajaran yang
bermutu tinggi membutuhkan strategi khusus dalam pembelajaran yaitu
menggunakan sebuah metode. Metode Ummi sangat cocok digunakan bagi
pemula karena pembelajaran metode ummi yang mudah, menyenangkan dan
menyentuh hati. Guru yang berkompetensi dibidang pembelajaran Al-Qur’an
metode Ummi berpengaruh terhadap kualitas hasil belajar siswa. Minimnya
jumlah guru Al-Qur’an yang ditandai sertifikasi dan metodologi membaca AlQur’an. Adanya program tahsin ummi daerah Lumajang guna untuk
meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dan mencetak generasi guru handal
(tersertifikasi), paling tidak Ummi remaja dan dewasa ini bisa mencetak generasi
ibu madrasah ula bagi anak-anaknya.
Fokus dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) Tahap perencanaan metode
ummi dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur’an di Ummi Daerah Lumajang,
2) Pelaksanaan Tahsinul Qiro’ah pembelajaran metode ummi dalam mengajarkan
cara membaca Al-Qur’an di Ummi Daerah Lumajang? , 3) Teknik evaluasi
metode ummi dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur’an di Ummi Daerah
Lumajang?.
Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan tahap
perencanaan metode Ummi Daerah Lumajang, 2) untuk mendeskripsikan
pelaksanaan Tahsinul Qiro’ah pembelajaran metode Ummi Daerah Lumajang 3)
untuk mendeskripsikan teknik evaluasi metode Ummi Daerah Lumajang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik
penumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman
dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji
keabsaan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) tahap prencanaan metode
ummi dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur’an berupa tahap memetakan
guru melalui sertifikasi dan tahap sosialisasi dan pra tashih. 2) pelaksanaan
tahsinul qiro’ah metode ummi dalam mengajarkan cara membaca Al-Qur’an
berupa menggunakan buku (jilid 1-3 ummi remaja dan dewasa, ghoribul Qur’an,
tajwid dasar dan Al-Qur’an) dan pembelajaran melalui 7 tahapan yaitu:
(pembukaan, appersepsi,
penanaman konsep,
pemahaman konsep,
latian/keterampilan dan evaluasi). 3) teknik evaluasi dalam mengajarkan cara
membaca Al-Qur’an berupa evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid, dan evaluasi
akhir (munaqosyah dan khataman/imtihan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Depositing User: Miss Fike Anggraeni Pangestu
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:02
Last Modified: 14 Jul 2023 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27384

Actions (login required)

View Item View Item