Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Afton, Muqorrobin (2023) Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Kejuruan Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin khas Jember.

[img] Text
Skripsi afton WATERMARK.pdf

Download (21MB)

Abstract

Afton Muqorrobin, 2022: Partisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember.
Kata Kunci:Partisipasi Masyarakat, Mutu Pendidikan
Partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan merupakan
kontribusi masyarakat yang berupa hak dan kewajiban masyarakat untuk
memberikan kontribusinya kepada pencapaian tujuan sekolah dalam hal
peningkatan kualitas sekolah supaya menghasilakan lulusan yang bermutu.
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana bentuk partisipasi
masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Latifiyah Glagahwero
Kalisat Jember?. 2) Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat partisipasi
masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Latifiyah
Glagahwero Kalisat Jember?. 3) Bagaimana pihak sekolah mengatasi hambatan
dari partisipasi masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK
Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember?
Tujuan Penelitian, 1) Untuk mendeskripsikan partisipasi masyarakat
dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat
Jember. 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pendukung dan penghambat
partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Latifiyah
Glagahwero Kalisat Jember. 3) Untuk mendeskripsikan upaya pihak sekolah
mengatasi hambatan dari partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu
pendidikan di SMK Latifiyah Glagahwero Kalisat Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik penentuan
subyek penelitian menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data
interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penetian ini yaitu 1) Bentuk partisipasi masayarakat dalam
meningkatkan mutu sekolah di SMK Latifiyah yakni dalam bentuk pembuatan
keputusan, partisipasi dalam implementasi, partisipasi dalam melibatkan kegiatan
yang memberikan manfaat dan partisipasi dalam evaluasi. 2) Faktor pendukung
partisipasi masyarakat dalam peningkatan mutu di SMK Latifiyah yakni: terjalin
hubungan komunikasi yang baik antara orang tua dan masyarakat, kesadaran
orang tua akan keutamaan pendidikan, ketersediaan dana/sumbangan orang tua
untuk mendukung kegiatan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yakni:
kurang pahamnya wali murid akan pendanaan dan pengelolaan dana pelaksanaan
program, keterbatasan waktu untuk orang tua dalam mengawasi anak belajar. 3)
upaya sekolah dalam mengatasi hambatan dari partisipasi masyarakat dalam
meningkatkan mutu pendidikan di SMK Latifiyah yakni a) Melakukan
komunikasi yang baik terhadap masyarakat. b) Memberikan motivasi dan
mengajak masyarakat untuk memiliki peran penting dalam perencanaan sekolah.
c) Memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk mengingatkan putra￾putrinya untuk terus belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Afton Muqorrobin Afton muqorrobin
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:08
Last Modified: 17 Jul 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27489

Actions (login required)

View Item View Item