MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA MELALUI BENGKEL IMAN DI MA BUSTANUL ULUM BONDOWOSO

SARI, DIAN NOVITA (2023) MANAJEMEN BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA MELALUI BENGKEL IMAN DI MA BUSTANUL ULUM BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DIAN NOVITA SARI_T20163005.pdf

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK

Dian Novita Sari, 2023: Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling dalam

Membina Akhlak Siswa Melalui Bengkel Iman di MA Bustanul Ulum Bondowoso Tahun Pelajaran 2020-2021 Konseling dianggap sebagai sebuah peluang bagi anak untuk mengeksplorasi perasaan, pemikiran, dan tindakan-tindakannya. Dan belajar memobilisasi sumber-sumber dayanya dalam memenuhi tantangan-tantangan

dalam lingkungannya. Dalam setting sekolah dasar, konseling menfokuskan pada pencegahan agar tidak terjadi masalah atau dalam mengantisipasi kesulitan- kesulitan yang muncul dalam proses pertumbuhan dan pematangan. Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana Perencanaan Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum ?, 2)

Bagaimana pelaksanaan Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum ?. 3) Bagaimana evaluasi Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum ?

Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum . 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif Penentuan

subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi Sumber dan triangulasi teknik.

Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Pada Perencanaan Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum yang mana melalui dua tahapan: a) persiapan yaitu penentuan kbeutuhan program, dukungan dari berbagai pimpinan dan staf, dan pelaksanaan program. b) perancangan penyusunan program tahunan dan program semester, yang didalamnya memuat tentang waktu pelaksanaan dan siapa orang-orang yang akan terlibat. 2) Pelaksanaan Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulum yaitu melalui kegiatan konseling individu dan konseling kelompok, dan penyebab siswa kurang semangat dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh dua faktor yaitu; a) faktor internal; siswa kurang berminat terhadap pembelajaran perhitungan. b) faktor eksternak siswa mwmbutuhkan apresisai langung dari guru. 3) Evaluasi Bimbingan Konseling dalam membina akhlak siswa melalui bengkel iman di MA Bustanul Ulumdilaksanakan dengan tiga tahap memastikan program apa saja yang sudah terlaksana, analisis program yang sudah dilaksanakan dengan melibatkan wali kelas dan guru yang bersangkutan dan tindak lanjut dari hasil analisis baik perubahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Me Dian Novita Sari
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:39
Last Modified: 18 Jul 2023 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27521

Actions (login required)

View Item View Item