Implementasi Metode ‘Allimna Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember

Pertiwi, Ditia Wahyu (2023) Implementasi Metode ‘Allimna Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ditia Wahyu Pertiwi_T20181217.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mengenal al-quran sejak dini merupakan langkah utama dan pertama sebelum pembelajaran lainnya. Setiap muslim diwajibkan agar membaca alquran secara baik dan benar sesuai dengan makhorijul huruf dan kaidah ilmu
tajwid, karena mempelajari ilmu tajwid hukumnya fardhu kifayah, sedangkan membaca al-quran dengan menggunakan ilmu tajwid adalah fardhu ‘ain. Salah satu metode pembelajaran al-quran yang tujuannya untuk meningkatkan
kemampuan membaca al-quran agar sesuai dengan akidah yang ada yaitu metode ‘Allimna. Metode ‘Allimna yang diringkas dalam bentuk buku praktis yaitu program inti (buku ‘Allimna jilid 1-6, buku tajwid dan buku pedoman
mengajar metode ‘Allimna) dan materi penunjang (hafalan surat-surat pendek, hafalan doa harian dan hafalan bacaan sholat).
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode ‘Allimna dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan metode ‘Allimna dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di
Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 3) Bagaimana evaluasi metode ‘Allimna dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Taman Pendidikan al-Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif
menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran metode ‘Allimna jilid 1-6 adalah menentukan tujuan, menentukan materi, menentukan metode dan evaluasinya. 2) pelaksanaan metode ‘Allimna yang dibagi menjadi dua waktu yaitu pukul 06.30-08.00 WIB pagi hari dan pada pukul 15.00-17.00WIB sore hari dan menggunakan metode klasikal, individual dan baca simak tergantung jilid berapa yang dibimbing. 3) evaluasi pembelajaran metode ‘Allimna menggunakan evaluasi diagnostik dengan penilaian harian, penilaian kenaikan jilid dan penilaian akhir kelulusan (munaqasah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Ditia Wahyu Pertiwi
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:44
Last Modified: 21 Jul 2023 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27538

Actions (login required)

View Item View Item