tholabi, ahmad (2023) Pembelajaran Haji dan Umrah Pada Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (Studi Fenomenologi di KBIHU Al Ghazaalie Jember dan An Nur Surabaya. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
NEW DISERTASI-1.pdf Download (6MB) |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran Haji dan Umrah, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Pembelajaran Haji dan Umroh termasuk dalam pembelajaran PAI pada rumpun pengajaran fiqih. Salah satu lembaga pendidikan non formal yang melakukan pembelajaran di bidang Haji dan Umroh dinamakan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU). Hadirnya pengasuh dalam KBIHU sebagai figur amaliyah bathin dan rohani bagi para jamaah. Pasalnya, dengan kehadiran pengasuh memberikan nuansa pembelajaran ala pesantren yang diwarnai dengan sikap tawadhlu’ dan hormat. KBIHU Al-Ghazalie dan KBIHU An-Nur memiliki keunikan masing-masing yaitu pertama, KBIHU Al-Ghazalie, ketokohan KH. Achmad Nasihin AR menyebabkan para jamaah yang tergabung sangat multikultural, syiir haji sebagai khas KBIHU karena dilantunkan dengan lagu serta model pembelajaran yang diganakan adalah model pembelajaran orang dewasa, dimana antara pembimbing dan jamaah haji terjadi hubungan dan komunikasi yang intens dalam proses pembelajaran. Sedangkan kedua, KBIHU An-Nur memiliki sistem manajemen yang bagus, pembelajaran yang variatif dengan memunculkan syiir haji sebagi media pembelajan untuk jamaah dan konsentrasi pada aktifitas kesempurnaan ibadah shalat, serta menyediakan haji khusus maka para jamaah yang tergabung juga banyak dari akademisi dikarenakan ketokohan dari Habib Abu Bakar Assegaf. Berdasarkan fenomena tersebut, tentunya pembimbing KBIHU memiliki tantangan tersendiri untuk mendesain pendekatan, metode, maupun strategi pembelajaran manasik haji bukan cuma dari aspek kajian fiqh tetapi dari sisi lain yang mampu memberikan tambahan spirit bagi jamaah saat melaksanakan ibadah haji. Penelitian ini berfokus pada 1) Bagaimana proses pembelajaran Haji dan Umrah yang dilaksanakan oleh KBIHU Al-Ghazaalie Jember dan An-Nur Surabaya? 2) Bagaimanakah pengalaman jamaah dalam mengikuti pembelajaran haji dan umroh di KBIHU Al-Ghazaalie Jember dan An-Nur Surabaya? viii Sedangkan tujuan penelitian adalah; 1) Menganalisis proses pembelajaran Haji dan Umrah yang dilaksanakan oleh KBIHU AlGhazaalie Jember dan An-Nur Surabaya. 2) Menganalisis pengalaman jamaah dalam mengikuti pembelajaran haji dan umroh di KBIHU AlGhazaalie Jember dan An-Nur Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis fenomenologis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskripstif kualitatif dengan tahapan dari Miles and Huberman yaitu Data Condensation, Data Display, dan Drawing and Verifying Conclusions. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Proses Pembelajaran Haji dan Umrah di KBIHU Al-Ghazaalie Jember dan An-Nur Surabaya dilakukan melalui dua aktifitas yakni pra pembelajaran, kegiatan pembelajaran. Kegiatan pra pembelajaran lebih menekankan pada aspek penguatan keagamaan jamaah. Sedangkankan kegiatan pembelajaran di KBIHU Al-Ghazaalie dan An-Nur lebih mengarah pada pola pembelajaran orang dewasa. Komponen penting dalam kegiatan pembelajaran terdiri dari pembimbing, materi, strategi, sarana dan evaluasi. 2) Pengalaman Jamaah dalam mengikuti pembelajaran haji dan umroh di KBIHU Al-Ghazaalie Jember dan An-Nur Surabaya pada hasil penelitian ini di jabarkan menjadi tiga katagori yakni; Pertama makna pra pelaksanaan haji dan umroh menekankan wujud komintmen beribadah. Kedua makna Kegiatan haji dan umroh merupakan wujud nilai Hablum Minallah dan Hablum Minan Nas. Ketiga Berusaha mempertahankan kemabruran haji di tanah air setelah melaksanakan rangkaian ibadah haji dan umrah di tanah suci Makkah Madinah. Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka formulasi temuan formal ini adalah “Integrative And Collaborative Learning Of KBIHU”, yaitu model pembelajaran kolaborasi antara kognitif, afektif, dan psikomotorik yang termanifestasikan berupa syiir dalam kognitif, amaliyah bathin dalam afektif, serta perubahan sikap seperti tawadlu’, dan sabar sebagai psikomotoriknya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 08:55 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 08:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27628 |
Actions (login required)
View Item |