Perbedaan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Biologi di SMAN Ambulu.

Anggraeni, Sinta Dewi (2019) Perbedaan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Sanggar Biologi di SMAN Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sinta Dewi Anggrean_T20158008.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sanggar biologi merupakan salah satu ekstrakurikuler mata pelajaran di SMAN Ambulu sebagai wadah bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar biologi dan tertarik mempelajari ilmu biologi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Adakah perbedaan motivasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi di SMAN Ambulu (2) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi di SMAN Ambulu. (1) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi di SMAN Ambulu (2) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi di SMAN Ambulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi angket motivasi belajar, wawancara motivasi belajar, observasi proses pembelajaran dikelas yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dan kelas yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi, tes ujian biologi akhir semester (UAS), dan dokumentasi. Sumber data diambil dari guru pengampu ekstrakurikuler sanggar biologi, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biolgi. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan antara motivasi belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan perolehan hasil > yaitu 7,414 > 1,993. (2) Ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler sanggar biologi dengan perolehan hasil sebesar 1,993. Sehingga dapat disimpulkan bahwa > yaitu 13,017 > 1,993. Keyword: Ekstrakurikuler sanggar biologi, motivasi belajar, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 04 Aug 2023 01:14
Last Modified: 04 Aug 2023 01:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item View Item