Nafi'ah, Hilyatun (2017) Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Zainul Hasan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kbupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Hilyatun Nafi’ah_084 121 069.pdf Download (22MB) |
Abstract
Pendidikan bertumpu pada 4 pilar, yaitu; (1) learning to know, (2) learning to do, (3) learning to live together, dan (4) learning to be. Sedangkan Al-Qur’an adalah sumber dari segala aspek kehidupan, setiap muslim harus mempelajarinya. Sebagai kalamullah maka sebaaik-baiknya aktivitas membaca adalah aktivitas membaca Al-Qur’an. Karena itulah bagi setiap saudara muslim harus mampu membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an, terlebih bersedia untuk menghafalnya. Karena Al-Qur’an merupakan kalamullah yang berfungsi sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pendekatan dan metode pembelajaran tahfidzul Qur’an di TPQ Zainul Hasan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajarn 2016/2017?, 2) Bagaimana tahapan pembelajaran tahfidzul Qur’an di TPQ Zainul Hasan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, dan 3) Bagaimana proses penggunaan media dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di TPQ Zainul Hasan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajran 2016/2017. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pendekatan dan metode pembelajaran tahfidzul Qur’an di TPQ Zainul Hasan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan tahapan pembelajaran tahfidzul Qur’an di TPQ Zainul Hasan Desa Balung LorKecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan proses penggunaan media dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di TPQ Zainul Hasan Desa Balung Lor Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kulitatif deskriptif. Dengan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tiga tekhnik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display /peyajian data, dan kesimpulan. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan tehnik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pendekatan yang dilakukan dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di TPQ Zainul Hasan menggunakan tiga pendekatan, yaitu pendekatan individual (yang digunakan dalam mendekati siswa secara individual), pendekatan kelompok (enyelesaian masalah dengan melakukan pengelompokan) dan pendekatan bervariasi (penggunaan pendekatan yang berbeda terhadap setiap masalah). Dan kemudian metode yang digunakan adalah metode audio talaqqi (mendengar bacaan guru dan menirukan), one day one ayat (satu hari satu ayat bagi pemula khususnya anak-anak), talqin (membaca hafalan kembali dengan suara pelan dan fasih), titian ingatan (jembatan pengingat), dan kisah/cerita (memahami sebuah makna dalam Al-Qur’an). 2) Tahapan yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz di TPQ Zainul Hasan adalah, encoding (tahap memasukkan informasi kedalam ingatan), retrieval dan storage (pengulangan kembali). 3) Media yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz di TPQ Zainul Hasan Balung adalah media berbasis manusia (guru), media berbasis media berbasis cetakan (buku panduan dan kitab Al-Qur’an), media berbasis visual (papan tulis), media berbasis audio visual (mikrofon+sound dan tape).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 01:01 |
Last Modified: | 04 Aug 2023 01:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27695 |
Actions (login required)
View Item |