Hakim, Luqman (2017) Pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Luqman Hakim_ 084121018.pdf Download (13MB) |
Abstract
Tujuan pendidikan direncanakan untuk dapat dicapai dalam proses belajar mengajar. Hasil belajar merupakan pencapaian dari tujuan pendidikan pada siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya, salah satunya adalah self efficacy. Self efficacy adalah keyakinan yang dimiliki seseorang untuk mencapai sesuatu yang diinginkannya. Bandura mengatakan bahwa pada dasarnya self efficacy adalah hasil dari proses kognitif berupa keputusan, keyakinan, atau penghargaan tentang sejauhmana individu memberikan kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas dan tindakan tertentu yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Hal ini berarti bahwa konsep tentang self efficacy berkaitan dengan sejauhmana individu mampu menilai kemampuan, potensi, serta kecenderungan yang ada pada dirinya untuk dipadukan menjadi tindakan tertentu dalam mengatasi situasi yang mungkin dihadapi di masa yang akan datang. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana gambaran self efficacy siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaiman gambaran hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? (3) Adakah pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui self efficacy siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. (2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. (3) Untuk mengkaji pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasikan permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, adapun pengamibilan sampel dengan menggunakan teknik stratified-proportional random sampling, sedangkan untuk pengumpulan data melalui skala, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data peneliti menggunakan rumus korelasi product moment. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Self efficacy siswa pada kategori tinggi sebesar 15,55%, pada kategori sedang sebesar 66,67%, dan pada kategori rendah sebesar 17,78%. 2) Hasil belajar siswa pada kategori baik sebesar 48,89%, pada kategori cukup sebesar 33,33%, sedangkan pada kategori kurang sebesar 17,78%. 3) Tidak ada pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas X jurusan IPS MAN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci: Self Efficacy, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 06 Aug 2023 22:51 |
Last Modified: | 06 Aug 2023 22:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27733 |
Actions (login required)
View Item |