munawwaroh, khoirotul (2017) Pembelajaran Kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
KHOIROTUL MUNAWWAROH_084 131 337.pdf Download (3MB) |
Abstract
Setiap tahunnya Pondok Pesantren Darul Istiqomah merekomendasikan semua santrinya yang telah lulus untuk mengabdikan dirinya sebagai guru yakni dengan mengamalkan ilmunya di beberapa lembaga pendidikan yang telah ditentukan. Oleh karena itu semua santrinya dididik menjadi santri yang pandai dalam belajar dan mengajar, sehingga dalam pembelajaran disekolah para santri dibekali dengan diajarkannya pelajaran kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim. Ustad maupun ustadah yang mengajarkan kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim ini juga harus kreatif dalam memilih strategi pembelajaran yang cocok dengan materi yang akan diajarkan. Karna pembelajaran kitab ini tidak akan begitu berarti tanpa didukung oleh sistem pembelajaran yang baik dan tepat melalui berbagai macam pola pembelajaran yang diterapkan. Fokus penelitian ini yaitu tentang 1. Bagaimana metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso tahun ajaran 2017/2018? 2. Bagaimana materi yang digunakan dalam pembelajaran kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso tahun ajaran 2017/2018? 3. Bagaimana media yang digunakan dalam pembelajaran kitab ushul tarbiyah wat ta’ Ushul Tarbiyah wat Ta’lim lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso tahun ajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang 1. Metode yang digunakan dalam kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso tahun ajaran 2017/2018, 2. Materi yang digunakan dalam kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso tahun ajaran 2017/2018, 3. Media yang digunakan dalam kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim di Pondok Pesantren Darul Istiqomah Bondowoso tahun ajaran 2017/2018. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, subyek penelitiannya menggunakasn purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumenter, analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah:1. Metode pembelajaran kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim yang digunakan yakni metode ilqoiyah (ceramah), tanya jawab dan diskusi, 2. Materi pembelajaran kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim yakni materi yang terdapat dalam kitab ushul tarbiyah wat ta’lim dan diajarkan secara keseluruhan sesuai dengan silabus dengan alokasi waktu 2 X 40 menit dalam seminggu selama satu tahun, 3. Media pembelajaran kitab Ushul Tarbiyah wat Ta’lim yang digunakan yaitu pen, kitab, buku tulis, kapur tulis dan papan tulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27762 |
Actions (login required)
View Item |