Pengaruh Media Pembelajaran Prezi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Nusantara Bangorejo Tahun 2017/2018.

Ulum, Miftahul (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Prezi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMK Nusantara Bangorejo Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Ulum_084131049.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kegiatan belajar tidak terlepas dari adanya interaksi antara komponenkomponen di dalamnya, contohnya interaksi antara guru dengan siswa atau siswa dengan lingkungan sekitarnya. Keberhasilan guru dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa sangat ditentukan oleh kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan siswa. Oleh karena itu diperlukan adanya perantara/media. Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media pembelajaran prezi, Penggunaan media ini diharapkan memperlancar proses pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik dan lebih optimal. Sesuai dengan latar belakang tersebut dapat dirumuskan suatu permasalahan yaitu: 1) Adakah pengaruh media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nusantara Bangorejo Tahun 2017/2018. 2) Adakah pengaruh media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nusantara Bangorejo Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Adakah pengaruh media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa ranah afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nusantara Bangorejo Tahun Pelajaran 2017/2018. 4) Adakah pengaruh media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa ranah psikomotorik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Nusantara Bangorejo Tahun Pelajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan populasi dan sampel menggunakan metode populasi, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik koefisien kontingensi yang terlebih dahulu mencari nilai chi kuadrat dan dilanjutkan dengan rumus C dan Cmaks dan hasilnya dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai C. Hasil penelitian di SMK Nusantara Bangorejo tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan bahwa, 1) Ada pengaruh sedang media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan nilai X² 5,5669 ≥ 3,84 dan Cmaks 0,4644. 2) Ada pengaruh tinggi media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa ranah kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan nilai X² 14,5724 ≥ 3,84 dan Cmaks 0,6930. 3) Ada pengaruh tinggi media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa ranah afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan nilai X² 12,200 ≥ 3,84 dan Cmaks 0,6475. 4) Ada pengaruh tinggi media pembelajaran prezi terhadap prestasi belajar siswa ranah psikomotorik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan nilai X² 12,361 ≥ 3,84 dan Cmaks 0,6766

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:05
Last Modified: 07 Aug 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27786

Actions (login required)

View Item View Item