Mubarokah, Dewi Lailatul (2018) “Problematika Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Dewi Lailatul Mubarokah_084 144 020.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pendidikan di Indonesia masih banyak menghadapi berbagai macam persoalan. Persoalan itu memang tidak akan pernah selesai, karena subtansi yang diinformasikan selama proses pendidikan dan pembelajaran selalu berada dibawah tekanan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat. Kurikulum sifatnya dinamis karena selalu berubah-ubah sesuai dengan perkembangan zaman Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi, (1) bagaimana problematika yang dihadapi guru pada perencanaan kurikulum 2013 di madrasah ibtidaiyah negeri 2 desa tutul kecamatan balung kabupaten jember tahun pelajaran 2017/2018, (2) bagaimana problematika yang dihadapi guru pada pelaksanaan kurikulum 2013 di madrasah ibtidaiyah negeri jember desa tutul kecamatan balung kabupaten jember tahun pelajaran 2017/2018 , (3) bagaimana problematika yang dihadapi guru pada evaluasi kurikulum 2013 di madrasah ibtidaiyah negeri 2 desa tutul kecamatan balung kabupaten jember tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru pada perencanaan kurikulum 2013, (2) mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru pada pelaksanaan kurikulum 2013, (3) mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru pada evaluasi kurikulum 2013 Pendekatan yang digunakan penelitian yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field risearch) yang bertujuan untuk mendapatkan informasi yang ada di lapangan dan berusaha untuk mendeskripsikan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan fokus yaitu sebagai berikut: a) dalam perencanaan kurikulum 2013 masih terdapat guru yang belum memahami prosedur pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan baik, b) pada pelaksanaan kurikulum 2013 alokasi waktu yang kurang mencukupi serta sarana dan prasarana yang kurang memadai sehingga dapat mengganggu jalannya proses pembelajaran, c) dalam evaluasi kurikulum 2013 penilaian yang terlalu banyak menggunakan angka-angka dan penilaiannya juga dilakukan per Kompetensi Dasar dari muatan pelajaran sedangkan guru mengajarnya menggunakan tema.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:05 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27787 |
Actions (login required)
View Item |