fadilah, Yunita Nur (2018) Korelasi Pemberian Penguatan (reinforcement) Terhadap Minat Belajar Mata Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Yunita Nur Fadilah_084144039.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penguatan (reinforcement) adalah segala bentuk respon, bersifat verbal maupun nonverbal, yang diberikan oleh guru kepada siswa terhadap tingkah laku yang dilakukannya yang memungkinkan dapat terulang kembali. Pemberian penguatan bertujuan untuk meningkatkan perhatian dan motivasi siswa pada saat pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran, minat belajar dapat dilihat dari keseharian siswa ketika mengikuti pembelajaran. Pemberian penguatan seharusnya dapat meningkatkan minat belajar. Pada realitanya di MIN 3 Jember ada siswa yang telah diberikan penguatan tinggi minat belajarnya juga tinggi, pemberian penguatan rendah minat belajarnya juga rendah. Sebaliknya, siswa yang telah diberikan penguatan tinggi minat belajarnya rendah, dan pemberian penguatan rendah minat belajarnya tinggi. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana gambaran pemberian penguatan (reinforcement) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Bagimana gambaran minat belajar Mata Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 3) Adakah korelasi yang signifikan antara pemberian penguatan (reinforcement) dengan minat belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penguatan (reinforcement) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan minat belajar pada Mata Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui korelasi anatara pemberian penguatan (reinforcement) dengan minat belajar Mata Pelajaran Tematik Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 233 siswa dan responden sebanyak 147 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan stratified proportionate random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta kepustakaan. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis, analisis deskriptif dengan mencari prosentase masing-masing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasional dengan menggunakan contingency coefficient (CC) yang sebelumnya dianalisis dengan rumus chi kuadrat. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Pemberian penguatan (reinforcement) pada siswa memiliki prosentase 25% dengan kategori baik, prosentase 65% dengan kategori cukup dan 10% dalam ketegori kurang. 2) Minat belajar pada siswa memiliki prosentase 20% kategori baik, prosentase 70% kategori cukup dan 10% kategori kurang. 3) Ada korelasi yang rendah antara pemberian penguatan (reinforcement) dengan minat belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yang telah dianalisa dengan rumus C dengan hasil 0,30 Cmaks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 07:38 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 07:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27797 |
Actions (login required)
View Item |