ULFA, ETIK MARIA (2017) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
ETIK MARIA ULFA_084 131 471.pdf Download (8MB) |
Abstract
Peran guru sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing pada umumnya guru hanya memberikan pengetahuan saja tetapi untuk guru di SMP Negeri 1 Rambipuji berupaya melatih jasmani peserta didik untuk trampil dan memiliki kemampuan atau keahlian untuk bekal kehidupannya terutama dalam mengarahkan anak didiknya melalui kegiatan tartil dan darus keliling Fokus dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam Pengelola pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018? 2).Bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018? 3).Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pealajaran 2017/2018? Tujuan penelitian: 1).Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pealajaran 2017/2018. 2).Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. 3)Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengelola pembelajaran di SMP Negeri 1 Rambipuji Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskripti. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1). Peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengelola pembelajaran adalah dapat membetuk anak didik yang lebih baik dalam segi akhlak maupun tingkah laku dan bertanggung jawab terhadap tindakannya dalam pembelajaran disekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan nilai dan norma. Disiplin dalam proses pembelajaran, disiplin bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar dan mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setaip siswa. 2) Peran guru PAI sebagai pengajar adalah membuat Ilustrasi (menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari dengan sesuatu yang telah diketahui.. Mendefinisikan, meletakkan materi secara jelas dan sederhana dengan menggunakan latihan 3) peran guru PAI sebagai pembimbing yaitu guru melihat keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Guru memberikan penilain bukan dari prestasinya saja melainkan juga dari kepribadian atau sikap yang lebih diutamakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 08:02 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 08:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27808 |
Actions (login required)
View Item |