RAHMAN, MUHAMMAD NADHIF HABIBUR (2018) Penerapan Kurikulum Pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MUHAMMAD NADHIF HABIBUR RAHMAN_ 084141219.pdf Download (11MB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman, serta tuntutan masyarakat atas kebutuhan pendidikan umum yang diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi akhlak dan intelektual siswanya membuat beberapa lembaga pemerintahan melakukan inovasi–inovasi untuk dunia pendidikan. Salah satu lembaga pemerintahan yang memberikan inovasi dalam dunia pendidikan Indonesia yaitu lembaga pemerintahan Kementreian Agama dengan inovasi pendidikannya dalam mengadakan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu; 1) Bagaimana tujuan dalam kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana struktur materi/isi dalam kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 3) Bagaimana strategi dalam penyelenggaraan kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018?, 4) Bagaimana evaluasi dalam kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu; 1) Untuk mendeskripsikan tujuan dalam kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mendeskripsikan struktur materi/isi dalam kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018, 3) Untuk mendeskripsikan strategi dalam penyelenggaraan kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018, 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi dalam kurikulum pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan Jember tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik/metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; 1) Tujuan dalam perencanaan kurikulum pesantren yang diterapkan di MANPK Jember terkonsep dalam asas objektivitas dan manfaat, asas keterpaduan, serta asas kemudahan. 2) Struktur materi/isi dalam penyelenggaraan kurikulum pesantren di MANPK Jember tersebut terkelompokkan menjadi materi kelompok dasar, komponen bidang studi, dan komponen penujang. 3) Strategi pelaksanaan kurikulum pesantren di MANPK Jember terbagi dalam 2 tingkat yaitu tingkat ma’had dan tingkat kelas. 4) Evaluasi yang diterapkan dalam penyelenggaraan kurikulum pesantren di MANPK Jember meliputi evaluasi tujuan pendidikan, evaluasi terhadap isi/materi kurikulum, evaluasi strategi, dan progam evaluasi KBM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:28 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:28 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27870 |
Actions (login required)
View Item |