Persepsi Anggota Komunitas Mahasiswa Pecinta Ilmu Terhadap Karakteristik Message Influence Budaya Bercadar di Channel Youtube BgJenggot-Media Dakwah Islam

Sulaiman, Adam (2018) Persepsi Anggota Komunitas Mahasiswa Pecinta Ilmu Terhadap Karakteristik Message Influence Budaya Bercadar di Channel Youtube BgJenggot-Media Dakwah Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADAM SULAIMAN_082 141 004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dewasa ini media memiliki peran yang sangat besar dalam menyiarkan pesan, bahkan ideologi kepada khalayak luas. Media massa semakin gencar untuk mengemas sedemikian rupa pesan yang mereka sampaikan sehingga mampu menarik, menggugah pembaca, pendengar, atau penontonnya dan memberikan influence atau pengaruh kepada masyarakat. menjamurnya budaya bercadar di Indonesia pun yang tidak lepas dari dampak pesan dalam media seperti Channel Youtube BgJenggotMedia Dakwah Islam yang kemudian memunculkan berbagai persepsi dari khalayak baik itu dari individu maupun yang berskala lebih besar seperti kelompok masyarakat atau komunitas seperti Komunitas Mahasiswa Pecinta Ilmu. Mereka memiliki persepsi tertentu terhadap hal ini karena fokus program kerja mereka yakni pada kegiatan-kegiatan Islami termasuk pembuatan konten Islami di Youtube itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepi anggota Komunitas Mahasiswa Pecinta Ilmu terhadap bagaimana channel BgJenggot-Media Dakwah Islam membentuk karakter message influence budaya bercadar, bagaimana content creator menggambarkan budaya bercadar serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengaruh message influence budaya bercadar muslimah. Penelitian ini dilakukan di channel youtube milik Bg Jenggot yang merupakan media dakwah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi , dokumentasi dan triangulasi dengan obyek penelitian yakni mereka yang menjadi viewer di channel youtube. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data Miles and Huberan yakni dengan cara collecting data, reduction data, data display, dan conclusion data. Subjek Penelitian ini yakni anggota Komunitas Mahasiswa Pecinta Ilmu Temuan dari penelitian ini adalah, pertama, Channel BgJenggot-Media Dakwah Islam menonjolkan karakter message influence budaya bercadar melalui beberapa elemen-elemen yang terdapat dalam pesan yakni content, structure dan style. Kedua, terdapat faktor pendukung dan penghambat yakni diantaranya pengemasan konten secara menarik, kreatif,mengikuti trend dan informasi yang disampaikan mudah dipahami oleh audience. Serta, adanya stigma buruk dari masyarakat terhadap penggunaan cadar atau niqab berupa labelling bahwasanya cadar dan niqab diasosiakan sebagai teroris (istri teroris). Paradigma ini kemudian membuat budaya niqab susah diterima oleh masyarakat. Kata Kunci : Message Influence, Channel Youtube BgJenggot-Media Dakwah Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:58
Last Modified: 09 Aug 2023 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/27913

Actions (login required)

View Item View Item