Maghfiroh, Faizatul (2019) Implementasi Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar probolinggo Tahun Pelajaran 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Faizatul Maghfiroh_084141368.pdf Download (30MB) |
Abstract
Implementasi pembelajaran Investigasi kelompok merupakan salah satu penerapan bentuk model pembelajaran kooperatif yang menekankan pada partisipasi dan aktivitas peserta didik untuk mencari sendiri materi (informasi) pelajaran yang akan dipelajari melalui bahan-bahan yang tersedia. Fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2018, 2) Bagaimana pelaksanaan Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2018, 3) Bagaimana evaluasi Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2018, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2018, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi Cooperative Learning dengan metode Group Investigation pada pembelajaran PAI dan budi pekerti Kelas VIII Semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam (SMPI) Tarbiyatul Hasan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitian menggunakant model purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perencanaan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam Tahun Pelajaran 2018, mengidentifikasikan topik dan mengatur peserta didik kedalam kelompok dan merencanakan tugas yang akan dipelajari, 2) pelaksanaan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam Tahun Pelajaran 2018, melaksanakan Investigasi, menyiapkan laporan akhir dan mempresentasikan laporan akhir, 3) evaluasi model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII semester 1 di Sekolah Menengah Pertama Islam Tahun Pelajaran 2018, guru menilai siswa secara individu dan kelompok untuk mengetahui pemahaman siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 09:02 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 09:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28016 |
Actions (login required)
View Item |