Ulum, Wahyu Luthfiatul (2017) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Sekolah Menengah Pertama 1 Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
WAHYU LUTHFIATUL ULUM_084 131 502.pdf Download (21MB) |
Abstract
Kurikulum dan proses pembelajaran merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Kurikulum adalah pedoman untuk memberi arah dan tujuan pendidikan, berisi materi yang akan diberikan. Sedangkan pembelajaran adalah bentuk tindakan untuk mewujudkan cita-cita kurikulu, termasuk menanamkan sikap sosial kepada siswa. Fokus penelitian meliputi: (1) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan sikap kejujuran siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan sikap amanah siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan sikap istiqamah siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penellitian meliputi: (1) Mendiskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan sikap kejujuran siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018. (2) Mendiskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan sikap amanah siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018. (3) Mendiskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam menumbuhkan sikap istiqamah siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VII SMP Negeri 1 Jenggawah Jember tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penanaman sikap kejujuran pada siswa menggunakan pendekatan Scientific yang merupakan pendekatan pembelajaran secara ilmiah. (2) Penanaman sikap amanah pada siswa diaplikasikan degan memberikan tanggung jawab terhadap siswa seperti pada kerja kelompok atau pada organisasi lainnya. (3) Penanaman sikap istiqamah diterapkan dengan cara pembiasaan para peserta didik untuk melaksanakan sholat sunnah dan membaca al-Qur’an pada setiap awal pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 09:04 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 09:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28023 |
Actions (login required)
View Item |