Rahmaniar, Diyah Zumaroh (2019) Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tahfidz Alquran di Sekolah Dasar Islam Tompokersan Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Diyah Zumaroh Rahmaniar_ 084 141 326.pdf Download (91MB) |
Abstract
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tompokersan Lumajang tahun pelajaran 2018/2019?, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tompokersan Lumajang tahun pelajaran 2018/2019?, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tompokersan Lumajang tahun pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tompokersan Lumajang tahun pelajaran 2018/2019, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tompokersan Lumajang tahun pelajaran 2018/2019, (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter di SD Islam Tompokersan Lumajang tahun pelajaran 2018/2019. Untuk menjawab fokus penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Adapun analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter menggunakan format perencanaan yang berupa dokumen perencanaan pembelajaran tahfidz Alquran (visi dan misi, metode pembelajaran, target hafalan, seleksi pembimbing dan peserta didik tahfidz, ketentuan peserta). Karakter yang direncanakan melalui pembelajaran tahfidz Alquran yaitu karakter tanggung jawab, mandiri, religiius, taat hukum dan disiplin, keteladanan. (2) Pelaksanaan pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter dilaksanakan hari Rabu-Sabtu pukul 06.00 wib. Langkah kegiatannya terdiri dari pendahuluan (salam pembuka), kegiatan inti (kegiatan klasikal, setoran murajaah individu maupun kelompok), penutup (membaca doa khotmil quran, salam penutup, bersalaman). Bentuk pelaksanaan karakter tanggung jawab (setoran hafalan sesuai target), karakter mandiri (memurajaah hafalan tanpa disuruh), karakter religius (memprioritaskan waktu luang dengan Alquran), karakter taat hukum dan disiplin (tidak berbuat gaduh dan hadir tepat waktu), karakter keteladanan (bersikap santun ketika bersalaman dengan pembimbing). (3) Evaluasi pembelajaran tahfidz Alquran dalam penguatan pendidikan karakter pada karakter mandiri, religius, taat hukum dan disiplin, keteladanan dilakukan oleh pembimbing dengan pemberian peringatan secara lisan pada peserta didik tahfidz yang bersikap tidak sesuai ketentuan dan juga dilaporkan ke orang tuanya. Untuk evaluasi karakter tanggung jawab dilakukan melalui murajaah hafalan yang sudah dihafalkan selama satu minggu dengan sistem tes lisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 09:07 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 09:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28036 |
Actions (login required)
View Item |