Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Ningwiyati, Tirta Wulandari (2017) Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tirta Wulandari Ningwiyati_084131049.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pendidikanbagikehidupanumatmanusiamerupakankebutuhanmutlak yang harusdipenuhisepanjanghayat. Dalam menempuh pendidikan tidak memandang batas usia baik muda maupun tua. Setiap manusia memiliki derajat yang sama, sehingga tidak ada perbedaan antara manusia yang diciptakan dengan keadaan normal dengan manusia yang diciptakan dengan keterbatasan baik dari segi fisik maupun non fisik. Anak berkebutuhan khusus yang memiliki gangguan pada penglihatan (Tunanetra) berhak mendapatkan pendidikan. Media yang digunakan untuk membantu anak yang tunanetra menggunakan bacaan dengan huruf Braille. SLB-A TPA Jember merupakan sekolah yang memberikan pendidikan bagi penyandang tunanetra. Sehingga anak yang tunanetra dapat belajar seperti layaknya anak-anak yang normal. Dalam mempelajari Al-Qur’an, anak yang tunanetra berbeda dengan anak yang normal. Media yang digunakan dalam mempelajari Al-Qur’an pada anak tunanetra dinamakan Al-Qur’an Braille. Cara menggunakan media ini yaitu dengan cara diraba. Sehingga anak tunanetra membutuhkan pendidikan khusus agar dapat menggunakan Al-Qur’an Braille ini dengan benar. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Qur’an pada anak tunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an pada anaktunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember tahun pelajaran 2016/2017?3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Qur’an pada anaktunanetra di SLB-A Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA)Jember tahun pelajaran 2016/2017? Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field Research (penelitianlapangan).PenentuansubyekmenggunakanPurposive Sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data, danKesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an pada anak tunanetra di SLB-A TPA Jember terdiri dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an pada anak tunanetra di SLB-A TPA Jember menggunakan strategi panduan membaca, pengalaman penting, dan pertanyaan dari siswa. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, praktek, tanya jawab, dan pemberian tugas. Media yang digunakan adalah Al-Qur’an Braille, Al-Qur’an Digital, MP3 Al-Qur’an, CD, DTB (Digital Talking Book), alat tulis berupa reglet dan stilus. Sedangkan media yang digunakan adalah media cetak, audio, audio visual, dan interaktif. 3) ix Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif (Memberikan pertanyaan dan memberikan tugas), dan evaluasi sumatif (Pengadaan kegiatan UTS dan UAS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:26
Last Modified: 14 Aug 2023 04:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28085

Actions (login required)

View Item View Item