Safianti, Olvi (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Barisan Bernuansa Islami Kelas XI SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Olvi Safianti_T20157005.pdf Download (6MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, guru cenderung memegang kendali proses pembelajaran secara aktif, sementara siswa hanya menerima dan mengikuti apa yang disajikan oleh guru. Hal tersebut yang menjadi salah satu penyebab rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember sekitar 50% siswa yang memperoleh nilai matematika dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti telah menguji coba model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi barisan dan deret bernuansa Islami; 2) untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret bernuansa Islami; 3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional pada materi barisan dan deret bernuansa Islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember, teknik samplingnya adalah purposive sampling dan sampelnya siswa kelas XI A dan XI B. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara dan observasi, instrumen penelitiannya meliputi tes, pedoman wawancara, lembar observasi dan RPP serta analisis datanya menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pre-test kelas eksperimen diperoleh nilai minimum = 14, nilai maksimum = 40, rata-rata = 30 dan standar deviasi = 6,568. Sedangkan post-test kelas eksperimen diperoleh nilai minimum = 58, nilai maksimum = 88, rata-rata = 75,17 dan standar deviasi = 7,774; 2) pretest kelas kontrol diperoleh nilai minimum = 0, nilai maksimum = 48, rata-rata = 22,93 dan standar deviasi = 10,659. Sedangkan post-test kelas kontrol diperoleh nilai minimum = 54, nilai maksimum = 82, rata-rata = 69,64 dan standar deviasi = 8,111; 3) hasil uji T terhadap pre-test kelas eksperimen dan kontrol diperoleh > artinya ditolak, maka ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil uji T terhadap post-test kelas eksperimen dan kontrol diperoleh > artinya ditolak, maka ada perbedaan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional. Dikarenakan sama-sama adanya perbedaan, berarti terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 08:14 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 08:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28144 |
Actions (login required)
View Item |