Najib, Moh. Ainun (2017) Aplikasi Ekstrakurikuler Rohani Islam (ROHIS) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Ketakwaan pada Siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
MOH. AINUN NAJIB_084 121 365.pdf Download (9MB) |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam merupakan suatu aktifitas di luar jam pelajaran yang dilakukan untuk membentuk pribadi Islami kepada setiap siswa. Menurut Abdul Rahman Shaleh, kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan pengetahuan, bimbingan dan pembinaan siswa agar memiliki kemampuan dasar penunjang. Kegiatan dalam program ekstrakurikuler diarahkan kepada upaya memantapkan pembentukan kepribadian siswa. Dari uraian di atas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana aplikasi ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam mengajarkan Tauhid pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam mengajarkan bacaan Al-qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam praktik Ibadah pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan aplikasi ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam mengajarkan Tauhid pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) untuk mendeskripsikan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam mengajarkan bacaan Al-qur’an pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) untuk mendeskripsikan ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) dalam praktik Ibadah pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis dan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang yang mengerti dengan objek yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Untuk keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi ekstrakurikuler rohani Islam (ROHIS) dalam menenamkan nilai-nilai ketakwaan pada siswa di SMA Negeri 1 Besuki meliputi: (1) mengajarkan tauhid, yaitu memantapkan jiwa ketauhidan siswa dengan menghafalkan asmaul husna dan sifat-sifat Allah, baik sifat wajib, jaiz maupun muhal. (2) mengajarakan baca-tulis Al-Qur’an, yaitu siswa diwajibkan untuk bisa membaca al-Qur’an dengan tajwid yang benar dan bisa menghafalkan surat-surat pendek. (3) praktik ibadah, yaitu diisi dengan pembahasan tentang fiqh, pembelajaran shalat sunnah serta kajian keagamaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28185 |
Actions (login required)
View Item |