Badiah, Siti Nurul (2019) Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Menggambar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Kharomah Baratan, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SITI NURUL BADIAH_T20155009.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kegiatan menggambar hadir dengan pendekatan tematik dan beranjak dari tema yang menarik minat anak. Menggambar merupakan salah satu bentuk kegiatan berekspresi yang cukup populer bagi anak-anak usia TK. Menggambar adalah kegiatan pengungkapan emosi dan perasaan yang timbul akibat pengalaman-pengalaman dari luar keatas bidang gambar dan sebagai perwujudan ungkapan perasaan tertentu yang dilakukan secara bebas dan bersifat individual. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar bentuk di PAUD Nurul Kharomah kelompok B Baratan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019? 2) Bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar ekspresi di PAUD Nurul Kharomah kelompok B Baratan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019? 3)Bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar konstruksi di PAUD Nurul Kharomah kelompok B Baratan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018-2019?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatkan motorik halus dengan menggambar bentuk yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di PAUD Nurul Kharomah Baratan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatkan motorik halus dengan menggambar ekspresi yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di PAUD Nurul Kharomah Baratan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatkan motorik halus dengan menggambar konstruksi yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak Kelompok B di PAUD Nurul Kharomah Baratan Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah field research(penelitian lapangan). Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu 1) Meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar bentuk di PAUD Nurul Kharomah kelompok B dengan guru membagikan kertas yang akan digunakan anak, selanjutnya anak-anak mengambil spidol dan krayon. Anak-anak mulai mengerjakan tugas menggambar bentuk. 2) Meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar ekspresi guru menjelaskan macam-macam ciptaan tuhan yang ada pada gambar. Kemudian guru kembali mengajak anak melakukan kegiatan menggambar berbeda dengan sebelumnya yaitu menggambar ekspresi atau bebas. 3) Meningkatkan motorik halus anak melalui menggambar konstruksi guru membagi beberapa anak dan dibentuk menjadi kelompok kecil menjadi empat dan terdiri dari empat dan lima orang anak dan menjadi empat kelompok yang terdiri dai kelompok Air, Udara, Angin, Api. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan positif dari kegiatan menggambar terhadap kemmapuan motorik halus anak kelompok B melalui 3 tahap menggambar yaitu menggambar bentuk, menggambar ekspresi dan menggambar konstruksi. Dengan kegiatan tersebut anak sudah ada perubahan yang awalnya merengek meminta bantuan gurunya sekarang sudah tidak lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:01 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/28209 |
Actions (login required)
View Item |